Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PropertyGuru Rilis Kategori Baru dalam Property Award

PropertyGuru meluncurkan program Indonesia Property Awards yang tahun ini memiliki tiga kategori baru yakni; Best Township Development, Best Lifestyle Centre Development, dan Best Industrial Development.

Bisnis.com, JAKARTA – PropertyGuru meluncurkan program Indonesia Property Awards yang tahun ini memiliki tiga kategori baru yakni; Best Township Development, Best Lifestyle Centre Development, dan Best Industrial Development.

Doddy A. Tjahjadi, Managing Director, PTI Architects, Chairman of Judges Property Guru Indonesia Property Award 2018 mengatakan kategori township ini meliputi masterplan sejenis kota mandiri. Menurut dia, saat ini pemerintah sedang menggencarkan sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK. Doddy menyebut di Indonesia sangat jarang muncul township baru, sebaliknya, lebih banyak konsep perumahan yang hanya menambah klister.

“Jadi kalay konsep township bukan hanya nambah unit rumah, klister, tetapi juga fasilitas, dan semua komponen perkotaan,” terang Doddy Rabu (30/5/2018).

Rencananya, para juri akan melihat secara umu apa saja yang sudah tersedia dalam kota-kota mandiri atau KEK. Menurut dia pengembangan kota mandiri atau township umumnya memakan waktu pada 10 tahun sampai 20 tahun.

Doddy menyebut, kategori ini berbeda dengan kategori Best Industrial Development, sekalipun konsep KEK sangat beririsan dengan industri. menurut Doddy, pada sejumlah kawasan industri yang sudah ada saat ini belum semua terintegrasi hunian. Misalnya saja di Cilincing dan Pulo Gadung sekitarnya. Kawasan ini berbeda dengan Jababeka yang mana menjadi kawasan industri sekaligus hunian untuk para pekerja.

“Kami pilah-pilah, mana yang bisa masuk, mana yang bisa masuk township. Kedua, selain itu pada waktu masuk kita lihat detail kategorinya lebih cocok yang mana, dan penilaiannya terlihat di lapangan. Semua harus cek ke lapangan,” ungkap Doddy.

Menurut dia, apabila kawasan industri ataupun pembangunan township belum selesai, maka para juri akan memilih melakukan penilaian dari perencanaan mereka saja. Doddy menyebut, kadangkala sejumlah pembangunan terjadi di luar perencanaan awal. Hal ini semua diakibatkan dari kebutuhan pasar untuk melakukan pembangunan.

“Dengan ada township, kategori ini bisa memberikan pengembang-pengembang apresiasi dan merasa mendapatkan recognition dari kami,” ujar Doddy.

Adapun, satu permasalahan yang ada dalam penghargaan IPA sebelumnya adalah membedakan pengembangan skala kota dan pengembang skala kawasan hunian saja. Doddy menegaskan harus ada kesesuaian dan perbedaan indikator untuk pengembang kota dengan pengembang kawasan atau hunian saja.

Sebagai informasi, PropertyGuru Indonesia Property Awards, dipersembahkan oleh Kohler, adalah bagian dari program PropertyGuru Asia Property Awards regional yang dimulai di Thailand pada 2005. Dengan sistem penghargaan profesional yang diawasi oleh BDO, perusahaan audit dan akuntansi terbesar kelima di dunia.

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah penghargaan industri utama dan paling terpercaya di negara ini, dengan nama-nama teratas yang sedang berkembang di industri real estate dan merayakan para pengembang terbaik, proyek dan desain. Tahun ini Indonesia Property Awards 2018 memiliki 34 kategori tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper