Wisma Atlet Bagi Penyandang Disabilitas Rampung Juli

PUPR memperkirakan renovasi aksesibilitas bagi para penyandang disabilitas di Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta akn rampung pada Juli sebelum Asian Games digelar.
Anitana Widya Puspa | 25 Mei 2018 22:12 WIB
Pembangunan wisma atlet - Antara/Feny Selly

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkirakan renovasi aksesibilitas bagi para penyandang disabilitas di Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta akn rampung pada Juli sebelum Asian Games digelar.

Setidaknya 1.000 unit kamar khusus penyandang disabilitas telah disiapkan di Wisma Atlet Asian Games Kemayoran guna mendukung pelaksanaan Asian Paragames yang akan digelar di Jakarta akhir tahun ini.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan saat ini sedang melengkapi sejumlah fasilitas khusus bagi penyandang disabilitasdi Wisma Atlet Kemayoran.

“Sudah 35 persen progresnya dan jumlah anggarannya sekitar Rp 185 miliar,”ujarnya dikutip Jumat (25/5).

Khalawi menjelaskan renovasi gedung yang dilakkukan kementerian PUPR berupa penambahan lift khusus serta kamar khusus. Perombakan pada kamar dilakukan agar kursi roda bisa masuk ke kamar.

Renovasi bangunan, imbuh Khalawi antara lain dilakukan dengan Penambahan Ramp grab bar kamar mandi pada unit hunian kursi roda yakni sebanyak 200 unit per tower.

Kemudian penambahan lift untuk akses kursi roda (6 unit/tower), ramp & treshold pada lantai beda elevasi, tactile pada lantai untuk penuntun arah pada area publik, signage & directory pada area publik dan railing pada tangga atau ramp area public.

Apabila semuanya proses pembangunan selesai, kata Khalawi, maka bangunan ini akan di serahkan oleh Kementerian PUPR kepada Inasgoc untuk pengelolaan jelang Asian Games. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan test event untuk melihatkesiapan fasilitas yang ada sehingga pelayanan kepada para atlet bisa maksimal.

“Pelaksanaan Asian Games dan Asian Paragames sama-sama penting. Dan Kementerian PUPR berusaha sebaik-baiknya dalam membangun fasilitas wisma bagi para atlet dan kami harap dukungan dari masyarakat dan semua pihak agar even bertaraf internasional ini berjalan dengan baik dan lancar,”harapnya.

Tag : penyandang disabilitas, WISMA ATLET
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top