Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Parkir

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Teknis Perparkiran bersinergi dengan PT. Nusantara Digital Investama selaku pemilik aplikasi Jukir dan PT. Wican Tirtayasa Bersama pemilik aplikasi Lapakon meluncurkan aplikasi untuk mengelola perparkiran on-street.
ilustrasi: Pemilik kendaraan menggunakan mesin parkir ditemani Juru Parkir di kawasan Juanda, Jakarta, Senin (8/5)./Antara-Ariyanto
ilustrasi: Pemilik kendaraan menggunakan mesin parkir ditemani Juru Parkir di kawasan Juanda, Jakarta, Senin (8/5)./Antara-Ariyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Teknis Perparkiran bersinergi dengan PT. Nusantara Digital Investama selaku pemilik aplikasi Jukir dan PT. Wican Tirtayasa Bersama pemilik aplikasi Lapakon meluncurkan aplikasi untuk mengelola perparkiran on-street.

Menurut Founder Jukir Budi Hartono, keberadaan aplikasi ini diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif terhadap parkir liar, sekaligus dapat meningkatkan martabat para juru parkir yang selama ini dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat.

“Keberadaan Jukir dan Lapakon sebagai bentuk partisipasi mensukseskan program Jakarta Smart City” ungkap Budi melalui siaran pers, Kamis (17/5/2018).

Selain itu, tujuan penggunaan aplikasi ini selain dapat mengurangi kebocoran pendapatan daerah, juga bertujuan untuk mensejahterakan para juru parkir. Alasannya, aplikasi ini dilengkapi fitur pembayaran PPOB dan pembelian Pulsa khususnya untuk aplikasi JUKIR, sehingga para juru parkir bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari transaksi tersebut.

Kehadiran JUKIR dan LAPAKON menawarkan sistem aplikasi perparkiran yang handal berbasis tekhnologi yang manusiawi. Dengan adanya aplikasi ini pemerintah daerah bisa dengan transparan melihat pendapatan parkir secara real time.

Selain itu, juga membuka peluang kerja para juru parkir yang belum terlatih untuk menjadi juru parkir profesional. Diakui Budi aplikasi ini pertama kali di dunia, di mana pendapatan daerah dan keberadaan juru parkir liar dapat diintegrasikan ke dalam satu sistem yang transparan.

Co-Founder LAPAKON, Anggawira menyatakan akan terus berkontribusi di setiap daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah.

“Untuk saat ini aplikasi Lapakon resmi beroperasi di Jakarta dan dalam waktu dekat akan merambah ke daerah-daerah lain di Indonesia untuk membantu pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam mengelola perparkiran dan meningkatkan pendapatan daerah mereka,” ujar Anggawira.

Adapun, aplikasi ini diluncurkan sebagai bagian dari program smart city. Ada pun acara bertajuk:"JUKIR dan LAPAKON bagian dari program Smart City" ini diselenggarakan di taman Ayodya kawasan Blok M, Kamis (17/5/2018). Acara dihadiri oleh pejabat dari lingkungan Pemrov DKI, Dinas Perhubungan, dan beberapa tokoh seperti Sugiharto mantan menteri BUMN, dan tokoh-tokoh masyarakat Betawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper