Bertemu Wapres, Mendag Laporkan Perkembangan IA-CEPA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melaporkan perkembangan proses kesepakatan kerjasama perdagangan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement atau IA-CEPA kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sudah mencapai 90%
Lingga Sukatma Wiangga | 20 April 2018 19:18 WIB
Menlu Retno Marsudi (dari kiri), Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Wapres Jusuf Kalla, Mendag Enggartiasto Lukita, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di sela-sela pembukaan Indonesia-Africa Forum 2018, di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (10/4/2018). - JIBI/Achmad Aris

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melaporkan perkembangan proses kesepakatan kerja sama perdagangan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement atau IA-CEPA kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sudah mencapai 90%.

Dia menyebut pekan depan tim negosiasi kedua negara akan bertemu untuk melakukan finalisasi, yaitu pihaknya dan kementerian perdagangan Australia.

“Dan mudah-mudahan sesuai dengan target yang telah disepakati oleh presiden dan perdana menteri Australia, Agustus kita final. teksnya semua final, kemudian nanti akan disepakati pada saat pertemuan bulan Oktober nanti, atau November yang akan datang,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jumat (20/4).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Peekonomian Darmin Nasution mengamini jika perjanjian kerjasama perdagangan kedua negara tersebut harus rampung paling lambat akhir tahun ini.

Dia mengatakan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah upaya untuk mempercepat penyelesaian di tataran internal. Sebabnya, masih terdapat perbedaan antar kementerian terkait mengenai IA-CEPA.

“Tadi itu banyak kemajuan artinya dengan Australia sudah cukup jauh pembahasannya tadi. Indonesia dengan Australia perundingannya itu dari pembicaraan tadi mungkin kemajuannya sudah sangat jauh. Sudah sangat detail sudah bicara 2,5% atau 5%, sudah mulai gitu,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ia-cepa

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top