Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Negara Lirik Proyek Kereta Parepare-Makassar

Dalam proyek kereta api tersebut salah satu pihak yang membantu adalah PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) yang membuat dokumen proyek rel Makassar - Pare-pare sehingga menarik bagi swasta.
Pembangunan jalur kereta api/Antara
Pembangunan jalur kereta api/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Tujuh negara tertarik untuk berinvetasi dalam pembangunan Kereta Api Parepare--Makassar. Ketujuh negara tersebut yaitu Kanada, Jerman, Austria, Inggris, Jepang, Korea dan China.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo menuturkan dari tujuh negara tersebut, terhitung delapan jika termasuk dengan Indonesia, setidaknya ada 14 perusahaan yang sudah menyampaikan letter of interest. “14 perusahaan yang sudah sampaikan LoI,” kata Sugihardjo kepada Bisnis, Rabu (4/4/2018).

Sugihardjo menuturkan dalam proyek kereta api tersebut salah satu pihak yang membantu adalah PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) yang membuat dokumen proyek rel Makassar - Pare-pare sehingga menarik bagi swasta.

“Kami dibantu oleh PII dalam membuat outline, business, chas (OBC). Dari OBC sudah dibuat, kemudian kita minta masukkan dalam dialog publik, kita uji publik. Dan juga market sounding atau tes pasar.”

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan sepanjang 44 kilometer rel kereta Makassar - Pare-pare dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan sisanya, sepanjang 111 kilometer akan dikerjakan dengan menggandeng swasta.

Skema yang ditawarkan pemerintah kepada swasta dalam proyek ini adalah availability  payment yang diperkirakan senilai Rp300 miliar per tahun dengan masa konsesi 20 tahun. Dengan skema tersebut, swasta mengeluarkan modal untuk membangun proyek secara utuh.

Setelah rampung dan bisa beroperasi, pemerintah membayar biaya pembangunan konstruksi tersebut dengan cara mencicil sesuai waktu perjanjian.

Nantinya, bagian yang akan digarap oleh swasta melalui skema KPBU adalah prasarana perkeretaapi an yang meliputi jalur kereta api, stasiun kereta api, dan fasilitas operasi kereta api di mana lelang akan dilakukan pada Oktober tahun ini.

Tujuh Negara Lirik Proyek Kereta Parepare-Makassar

Proyek kereta Sulawesi (Wikipedia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper