Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kecelakaan Konstruksi: Pengembang Harus Usung Implementasi HSE

Ciputra Group menyatakan bahwa implementasi Health, Safety & Environment (HSE) dalam proyek residensial perlu diusung pengembang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Maret 2018  |  18:36 WIB
Proyek Rusun Pasar Rumput - Antara/Aprilio Akbar
Proyek Rusun Pasar Rumput - Antara/Aprilio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA—Ciputra Group menyatakan bahwa implementasi Health, Safety & Environment (HSE) dalam proyek residensial  perlu diusung pengembang.
Direktur Ciputra Group, Nararya Ciputra Sastrawinata mengatakan selama belajar dan berpartner di negara dan perusahaan asing, ada beberapa kebiasaan dan pelajaran yang bisa dipetik dan diterapkan di Indonesia. Misalnya saja terkait kualitas pekerjaan,  konsep dan desain yang lebih maju, SOP juga sistem k3  yang wajib diterapkan di proyek.
Nara menuturkan pelaksanaan awalnya memang berat karena menyangkut perubahan kebiasaan yang bukan hanya untuk internal perusahaan namun juga rekan kontraktor dalam mengikuti prosedur kerja yang lebih ketat.
Seperti ketika berada pada ketinggian pekerja harus menggunakan pengaman, demikian pula ketika angkat beban ada berat maksimalnya. Hal lain seperti lingkungan tinggal pekerja, kualitasnya juga ditingkatkan baik dari sisi standar kantin , kapsitas, hingga sanitasi. Perubahan itu, manfaatnya memang bukan untuk jangka waktu pendek , bahkan membuat biaya operasional naik.
"Akan tetapi setelah berjalan selama beberapa tahun, hasilnya memang lebih bisa dirasakan, pekerja lebih senang dan produktif,"kblatanya kepada Bisnis  belum lama ini.
Senada Presiden Direktur PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata, sistem manajemen Health, Safety & Environment sudah dilakukan pihaknya setiap mengembangkan proyek hunian maupun komersial.
Bagi Ciputra, implementasi manajemen HSE merupakan instrumen investasi perusahaan dalam memperlancar proses produksi, bukan sebagai cost yang membebani anggaran proyek. Oleh karena itu, setiap kontraktor yang akan menjadi mitra diwajibkan memiliki komitmen yang sama dalam menjalankan HSE sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang ditetapkan Pemerintah.
“Saat ini semua kontraktor dan subkontraktor yang mengerjakan proyek, kami wajibkan memahami dan mengimplementasikan HSE dengan disiplin. Dampaknya positif terhadap prosedur kerja perusahaan, sehingga terjamin kualitas hasil kerjanya yang berujung pada keamanan dan kenyamanan penghuni,”ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan konstruksi
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top