Benih Gratis Hanya untuk Lahan Baru

Kementerian Pertanian memastikan benih gratis yang akan disalurkan oleh pemerintah hanya untuk lahan pertanian baru seluas 3,4 juta ha pada tahun ini sehingga tidak akan menggangu industri perbenihan dalam negeri.
Pandu Gumilar | 18 Maret 2018 18:27 WIB
Petani memanen padi di persawahan Alas Malang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (17/1/2018). - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pertanian memastikan benih gratis yang akan disalurkan oleh pemerintah hanya untuk lahan pertanian baru seluas 3,4 juta ha pada tahun ini sehingga tidak akan menggangu industri perbenihan dalam negeri.

Dirjen Tanaman Pangan, Sumardjo Gatot Irianto mengatakan kebijakan bibit gratis ini adalah stimulus agar rakyat mau membuka lahan pertanian baru sesuai target pemerintah pada tahun ini sebesar 3,4 juta ha. Setelah target ini tercapai, pemerintah akan membidik areal perluasan lahan pertanian baru.

"Bantuan [benih] gratis itu diperuntukan bagi perluasan areal tanam baru, sehingga pengusaha benih komersil masih bisa menjual di areal konvensional. Jadi kami tidak menggangu pemasaran pengusaha benih komersil. Setelah satu tahun areal tersebut kami kelola kami akan pindah lagi. Kami malah membuka areal baru bagi pengusaha," katanya kepada Bisnis Minggu (18/3).

Adapun menurut laporan Badan Pusat Statistik Luas Panen Padi Sawah Menurut Provinsi, 2013 - 2017 ialah seluas 14,6 juta ha. Artinya masih ada peluang besar untuk memasarkan produk di lahan konvensional.

Sumardjo mengatakan benih gratis tersebut akan diproduksi oleh produsen benih sesuai Peraturan Presiden Nomor 172 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Perpres ini mengatur tentang penunjukan langsung dalam rangka pengadaan dan penyaluran benih dan pupuk kepada petani secara cepat dan tepat, serta akuntabel.

"[Yang memproduksi] ya produsen benih. Saya pikir mengikuti Peraturan Presiden. Terlalu teknis. [Tapi] Mirip tahun lalu," katanya.

Pada tahun lalu Kementan menunjuk dua perusahaan milik negara yaitu PT Sang Hyang Seri dan PT Pertani sebagai penyalur benih bersubsidi. Namun untuk tahun ini belum diketok palu siapa yang akan melakukan penyalurannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
padi, benih

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top