Pasar Ikan Modern Tak Hanya di Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan pasar ikan modern (PIM) tidak hanya dibangun di wilayah DKI Jakarta tetapi juga di berbagai daerah lainnya dalam upaya membangun sektor kelautan dan perikanan nasional.
Sri Mas Sari | 12 Februari 2018 21:48 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan kepada media tentang Refleksi 2017 dan Outlook 2018 Program Strategis KKP di kantor KKP, Jakarta, Kamis (11/1). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan pasar ikan modern (PIM) tidak hanya dibangun di wilayah DKI Jakarta tetapi juga di berbagai daerah lainnya dalam upaya membangun sektor kelautan dan perikanan nasional.

 

“Pemerintah tidak hanya akan membangun Pasar Ikan Modern di DKI Jakarta, tetapi juga di kota besar lainnya di Indonesia,” katanya dalam siaran pers KKP, seperti dikutip Antara, Jumat (9/2).

Susi Pudjiastuti menargetkan bahwa setidaknya setiap kota dengan jumlah penduduk 100.000 penduduk untuk memiliki satu PIM Untuk itu, ujarnya, pihaknya telah meminta daerah lain turut mendukung dengan menyediakan lahan di tengah keramaian penduduk untuk dibangun PIM.

Hal tersebut, lanjutnya, adalah agar PIM yang dibangun dapat diakses oleh masyarakat luas, serta menjadi tempat yang nyaman bagi penikmat makanan laut di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Perum Perikanan Indonesia tengah mempelajari manajemen pasar ikan modern guna mempersiapkan diri mengelola Pasar Ikan Modern Muara Baru yang sedang dibangun.

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengatakan perusahaan sebenarnya berpengalaman mengelola pasar ikan semimodern Pasar Ikan Muara Baru yang saat ini seluruhnya berupa lapak basah (wet market).

Namun, berhubung pasar ikan modern nantinya mencakup pula kios kering (dry market) dan fasilitas lebih modern lain yang mengedepankan kehigienisan, maka Perindo perlu meningkatkan kemampuan manajemen.

"Pasar ikan modern berciri higienis, bersih, bukan hanya wet market, tapi ada dry market, ada tambahan item yang akan kami lakukan. Untuk itu kami akan upgrade," kata Risyanto saat dihubungi, Jumat (9/2).

Seperti diketahui, Perindo ditunjuk oleh pemerintah untuk mengelola Pasar Ikan Modern Muara Baru yang tengah dibangun menggunakan dana APBN senilai Rp150,7 miliar. 

Tag : Pasar Ikan
Editor : Gajah Kusumo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top