Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Padang-Pekanbaru, Terowongan Tembus Bukit Barisan Pekerjaan Paling Berat

Presiden Joko Widodo mengakui pekerjaan terberat dalam merealisasikan Proyek Tol Trans Sumatra (Padang-Pekanbaru) adalah pada pembangunan terowongan
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo mengakui pekerjaan terberat dalam merealisasikan Proyek Tol Trans Sumatra (Padang-Pekanbaru) adalah pada pembangunan terowongan.

Hal itu dikatakan Presiden saat meresmikan groundbreaking pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru tahap pertama yang menghubungkan Padang-Sicincin.

"Target kita gerbang I ke gerbang II bisa selesai tahun depan. Tapi pekerjaan beratnya adalah membuat terowongan sepanjang 8,9 km," ujarnya di Padang, Jumat (9/2/2018).

Pasalnya, dia mengakui pengerjaan proyek pembangunan terowongan ini membutuhkan upaya berat karena harus dibangun menembus Bukit Barisan.

Tak hanya itu, Jokowi menambahkan biaya yang dibutuhkan untuk membangun terowongan itu juga tidak sedikit.

Proyek pembangunan terowongan ini merupakan bagian dari jalan tol Padang-Pekanbaru sepanjang 244 km. Terowongan ini berada di wilayah Payakumbuh dengan panjang 8,9 km.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan terowongan itu bakal memakan biaya hingga US$700 juta.

“Direncanakan masa pelaksanaan 2018-2023 [pembangunan tol]. Nanti ada terowongan yang dikerjakan dengan loan JICA (Badan Kerja Sama Internasional Jepang),” ujar Basuki.

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu, menurut Basuki, akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer, tahap II Bangkinang-Pekanbaru 38 kilometer, kemudian tahap III Sicincin-Bangkinang sepanjang 189 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper