Curah Hujan Tinggi, Distribusi Logistik Masih Aman

Jalur pengiriman logistik dari sisi udara, laut, dan darat masih aman meski hujan deras melanda beberapa hari belakangan.
Jaffry Prabu Prakoso | 07 Februari 2018 19:21 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin Indonensia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan Rico Rustombi (dari kiri), Ketua Umum Rosan P. Roeslani, dan Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto memberikan paparan dalam jumpa pers Pameran Indonesia Transport, Logistic & Maritime Week (ITLMW) 2017. - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jalur pengiriman logistik dari sisi udara, laut, dan darat masih aman meski hujan deras melanda beberapa hari belakangan.

Wakil Ketua Umum bidang Logistik dan Supply Chain Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rico Rustombi mengatakan sampai saat ini dia belum mendapat laporan dari anggotanya terkait masalah distribusi barang.

Dia menjelaskan pelaku usaha terus bekerja dengan normal seperti biasanya. "Kita berharap cuaca membaik dan tidak mengganggu distribusi barang," katanya, Rabu (7/2/2018).

Menurutnya, distribusi angkutan udara terganggu jika operator penerbangan melihat cuaca tidak sesuai dengan regulasi penerbangan. Ini termasuk pula pada distribusi pelabuhan.

Sementara jalur darat dikatakan tidak aman saat jarak pandang pengemudi sangat terbatas.

Kadin sendiri tidak memberikan imbauan kepada pelaku usaha karena mereka pasti memiliki standar dan aturan yang sudah baku.

Akan tetapi Rico mengimbau agar pelaku usaha mengantisipasi dan mewaspadai kemungkinan terburuk pada kondisi cuaca.

"Sekarang masih belum. Karena banjir di Jakarta masih belum mengganggu titik-titik di jalur distribusi seperti [jalur] Pantura yang belum ada gangguan," jelasnya.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi Jabodetabek akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Curah hujan tinggi akan melanda Ibu Kota dan sekitarnya hingga satu pekan ke depan.

Tag : logistik, cuaca ekstrem
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top