Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPANSI TOKO MODERN 2018: Ace Hardware Targetkan Tambah 15 Gerai

PT Ace Hardware Indonesia Tbk. melanjutkan ekspansinya pada tahun ini.
./.
./.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Ace Hardware Indonesia Tbk. melanjutkan ekspansinya pada tahun ini.

Toko perkakas tersebut berencana melakukan ekspansi 10--15 gerai pada 2018 dengan fokus pengembangan di area Pulau Jawa.

Helen Tanzil, Sekretaris Perusahaan PT Ace Hardware Indonesia Tbk., mengatakan pada 2017, perusahaan telah membuka 17 gerai yang mayoritas berlokasi di Jawa dengan investasi Rp300 miliar.

“[Ekspansi] fokus masih di Pulau Jawa untuk tahun ini, sekitar 10-15 [gerai],” ujarnya, kepada Bisnis.

Helen mengatakan lokasi Pulau Jawa dipilih untuk melakukan ekspansi gerai karena potensial dari sisi bisnis.

“Tahun lalu growth­-nya sedang bagus di Jawa,” katanya.

Hingga saat ini total ada 144 gerai PT Ace Hardware Indonesia Tbk. yang tersebar di seluruh Indonesia. Helen mengungkapkan komposisi gerai mayoritas berada di Pulau Jawa yaitu 106 toko, dan di luar Jawa ada 38 gerai.

Dari pantauan Bisnis di laman resmi www.acehardware.co.id, gerai yang berlokasi di Jakarta masih mendominasi dengan jumlah lebih dari 30 gerai. Kemudian, disusul dengan Tangerang dan Bandung dengan lebih dari 10 gerai.

Untuk perbandingan, jumlah gerai yang dibuka pada 2016 mencapai 13 gerai, sehingga pada 2017 yang mencapai 17 gerai, maka terjadi pertumbuhan pembukaan gerai 30% pada 2017 secara year-on-year (yoy).

Dari sisi produk, ritel yang menyasar pelanggan segmen menengah atas itu memiliki dua kategori produk yaitu home improvement dan lifestyle. Berdasarkan data pada 2017, kategori home improvement masih menjadi produk favorit yang berkontribusi pada penjualan.

“Contoh home improvement adalah hardware, electrical products, tools, plumbing, lighting,” katanya.

Helen mengatakan pihaknya akan melanjutkan strategi komprehensif yang dilakukan pada 2017 ,karena terbukti memberikan kinerja positif. Adapun startegi yang dijalankan yaitu meningkatkan kinerja operasi terutama dalam hal layanan, pengenalan produk baru, dan promosi yang lebih agresif.

Helen mengungkapkan perusahaan optimistis bisnis ritel dengan segmentasi produk ini akan terus berkembang pada 2018. Hal tersebut didorong karena adanya sinyal positif pada 2017.

“Dari angka penjualan indikasinya melebihi target pertumbuhan sebesar 15%. Hanya pastinya harus menunggu angka audit di akhir Maret [2018],” jelasnya.

Dari capaian tersebut, Helen mengatakan PT Ace Hardware Indonesia Tbk. menargetkan pertumbuhan penjualan 10% pada 2018. Pihaknya optimistis target 2018 dapat tercapai karena pertumbuhan penjualan tahun lalu sangat baik.

“Diharapkan akan berlanjut [tumbuh pada 2018],” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper