Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Indonesia Menang di Sengketa Biodiesel, Ini Kata Apkasindo

Pemerintah Indonesia berhasil memenangkan sengketa biodiesel dengan Uni Eropa setelah organisasi perdagangan dunia melihat Eropa tidak konsisten dengan peraturan Perjanjian Anti Dumping WTO. Namun, menurut Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), hal ini belum memberikan kepastian terhadap pelarangan biodiesel ke Uni Eropa.
Gemal AN Panggabean
Gemal AN Panggabean - Bisnis.com 26 Januari 2018  |  16:59 WIB
Indonesia Menang di Sengketa Biodiesel, Ini Kata Apkasindo
Ilustrasi biodiesel - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia berhasil memenangkan sengketa biodiesel dengan Uni Eropa setelah organisasi perdagangan dunia melihat Eropa tidak konsisten dengan peraturan Perjanjian Anti Dumping WTO.

Namun, menurut Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), hal ini belum memberikan kepastian terhadap pelarangan biodiesel ke Uni Eropa.

“Itu belum pasti. Artinya bisa saja Eropa tetap melarang penggunaan biofuel. Kita masih pesimis dengan hasil gugatan itu,” kata Sekretaris Jenderal Apkasindo Asmar Arsjad kepada Bisnis, Jumat (26/1/2017).

“Jika mereka tidak menggunakan biofuel pada 2021 berarti mereka berusaha memiskinkan Indonesia. Maka kita memboikot untuk mengekspor sawit ke Eropa,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan putusan tersebut dikeluarkan Panel Badan Penyelesaian Sengketa (DSB) WTO. Hal ini dinilai sebagai kemenangan telak RI yang akan membuka lebar akses pasar dan memacu kembali kinerja ekspor biodiesel ke Uni Eropa

 “Tentunya akan membuka lebar akses pasar dan memacu kembali kinerja ekspor biodiesel ke UE bagi produsen Indonesia, setelah sebelumnya sempat mengalami kelesuan akibat adanya pengenaan bea masuk anti dumping (BMAD) atas produk tersebut," kata Enggartiasto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa sawit
Editor : Sutarno

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top