Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Libur Natal dan Tahun Baru 2018: Volume Lalin Tol Tangerang-Merak Naik 4%

Pada libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT Marga Mandalasakti memprediksi volume lalu lintas di tol Tangerang-Merak naik 4% dibandingkan periode sebelumnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Desember 2017  |  17:08 WIB
Libur Natal dan Tahun Baru 2018: Volume Lalin Tol Tangerang-Merak Naik 4%
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT Marga Mandalasakti memprediksi volume lalu lintas di tol Tangerang-Merak naik 4% dibandingkan periode sebelumnya.

Meski demikian, kenaikan tidak begitu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada libur Lebaran. Adapun lalu lintas harian rata-rata di Tol Tangerang-Merak pada libur kali ini diprediksi mencapai 160 ribuan kendaraan per hari atau naik 4% dibanding libur Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya. Diprediksi puncak arus lalu lintas libur Natal akan terjadi pada 22 Desember 2017, sedangkan puncak arus balik pada tanggal 1 Januari 2018.

“Traffic pada Natal dan Tahun Baru 2018 ini berbeda dengan lalu lintas Idul Fitri. Peningkatan pada libur Natal hanya sekitar 4,7 persen, karena tujuan mereka hanya berlibur, bukan mudik seperti pada perayaan hari raya Lebaran,” kata Rakhmatullah Manajer Pelayanan Lalu Lintas dan Informasi Operasional PT Marga Mandalasakti dalam siaran persnya.

Meski demikian, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas. Manajemen lalu lintas tersebut bersifat situasional, karena lonjakan arus kendaraan pada libur panjang kali ini diprediksi tidak terlalu signifikan. “Manajemen lalu lintas ini bersifat situasional. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di Akses Cilegon Barat, maka dimungkinkan untuk dilakukan manajemen lalu lintas dengan cara mengalihkan kendaraan yang dari atau menuju ke arah Anyer melalui Gerbang Tol Merak,” lanjut Rakhmatullah.

Kecenderungan trend lalu lintas liburan kali ini diprediksi akan dipadati oleh pengguna jalan yang akan menuju Anyer dengan lebih memilih rute melalui Gerbang Tol Cilegon Timur kemudian melalui Jalan Lingkar Selatan Cilegon.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang menuju Anyer, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak siaga untuk membuka Gerbang Tol Keluar Cilegon Timur sebagai prioritas guna antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di depan gerbang tol.

Jelang libur Natal, hingga berakhirnya libur tahun baru 2018, ASTRA Infra Toll Road memastikan terbebas dari rambu pekerjaan dan peralatan kerja rekonstruksi di lajur utama Jalan Tol Tangerang-Merak. Demi peningkatan pelayanan, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak sedang melakukan pekerjaan pemasangan pagar panel yang dilakukan di bahu luar jalan tol KM 28+500 s.d. KM 30+700 arah Jakarta dan Merak.

“Kondisi jalur dan marka jalan Ruas Tol Tangerang-Merak semuanya dalam kondisi baik. Meskipun terdapat pekerjaan di bahu luar jalan, hal ini tidak mempengaruhi operasional jalan. Dapat kami pastikan semua jalur tetap bisa dilalui dengan lancar, aman dan nyaman,” kata Direktur Teknik dan Operasi Sunarto Sastrowiyoto PT Marga Mandalasakti.

Kelancaran saat liburan ini juga di dukung Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Pembatasan Pengoperasian Mobil Barang pada Masa Angkutan Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018. Pembatasan operasional bagi kendaraan barang ini berlaku pada periode Natal 2017, mulai tanggal 22-23 Desember 2017, serta periode Libur Tahun Baru 2018, mulai 29-30 Desember 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol tangerang-merak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top