Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Garuda Kacau, Manajemen Dituding Kurang Sigap

Ratusan penumpang terdampak di Bandara Soekarno-Hatta akibat penundaan dan pembatalan penerbangan Garuda Indonesia mencerminkan kegagalan manajemen mitigasi darurat perusahaan.
Para calon penumpang Garuda Indonesia telantar akibat kekacauan jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta./Istimewa
Para calon penumpang Garuda Indonesia telantar akibat kekacauan jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan penumpang terdampak di Bandara Soekarno-Hatta akibat penundaan dan pembatalan penerbangan Garuda Indonesia mencerminkan kegagalan manajemen mitigasi darurat perusahaan.

Pengamat Penerbangan dari Universitas Gadjah Mada Arista Atmadjati mengatakan alasan Garuda Indonesia melakukan delay akibat penjadwalan ulang pasca letusan Gunung Agung, Siklon Cempaka dan Siklon Dahlia kurang tepat. Menurut Arista, delay ini hanya terjadi pada Garuda Indonesia, bukan maskapai lain seperti Lion Air Group ataupun Sriwijaya Air.

"Memang ada masalah di crew schedulling yang kurang diantisipasi secara cepat karena memang akan terjadi kekacauan efek dari crew pilot dan pramugari terdampak dari Bali dan Lombok," jelas Arista kepada Bisnis, Jumat (1/12).

Dia menyatakan seharusnya ada mitigasi darurat dan sistem back-up manual yang cepat jika dampak kacau terhadap rotasi crew pesawat. Jika dibandingkan maskapai lain yang tidak mengalami delay, Arista menilai manajemen crew schedulling Garuda Indonesia masih kurang tanggap.

Berdasarkan hasil pantauan Bisnis.com melalui akun twitter resmi maskapai pelat merah @IndonesiaGaruda masih banyak penumpang yang belum mendapatkan kejelasan jadwal penerbangan mereka.

Misalnya saja, Yunivan Kristanto melalui akun twitternya @yunivan_k menulis, "Tolong kepastiannya @IndonesiaGaruda , penerbangan dibatalkan atau tidak GA534 tujuan Banjarmasin, sudah larut malam, kami membawa anak2 & sdh dr siang di bandara, mohon kejelasannya saat ini juga, jika harus dibatalkan atau ditunda hingga esok mohon kompensasinya." Pernyataan tersebut tercuit pada pukul 20.55 WIB.

Merespon hal tersebut, admin @IndonesiaGaruda menjawab, "Estimasi GA 534 saat ini berangkat pada pukul 21.30 WIB. Terima kasih. - Bimo"

Pada pukul 21.33 WIB, @yunivan_k membalas admin @IndonesiaGaruda. Dia menulis, "Mohon maaf, saat ini sdh 21.30 WIB, blm ada kepastian."

Penumpang lain dengan akun @YuDjambekyuok menulis, "Mohon info bapak, bgm status GA 166 PADANG , rencana awal 16.05 wib sampai saat ini sdh jam 19.33 wib, belum saya belum dapat informasi yg akurat apa kami dapat makan atau uang sangu tolong bantu bapak tq"

Untuk merespon hal tersebut, admin @IndonesiaGaruda menjawab, "Mohon maaf saat ini kami belum menerima informasi terbaru, kiranya berkenan silakan konfirmasi dengan staf GA di bandara. Terima kasih. - Robby."

Tak puas, akun penumpang @YuDjambekyuok membalas, "Gimana sih kamu Robby, bantulah tanyakan kalo kami tdk tahu dimana posisi staf GA , katanya care kalo gini bukan care tapi kere."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper