Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Pelabuhan Terapkan Inaportnet Serentak

Kementerian Perhubungan menerapkan layanan kapal berbasis online atau Inaportnet di tiga pelabuhan. Hingga akhir 2017, enam pelabuhan lain bakal menerapkan layanan serupa.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan menerapkan layanan kapal berbasis online atau Inaportnet di tiga pelabuhan. Hingga akhir 2017, enam pelabuhan lain bakal menerapkan layanan serupa.

Plt Dirjen Perhubungan Laut, Bay M. Hasani mengatakan pelabuhan yang menerapkan Inaportnet serentak yakni

Pelabuhan Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Panjang (Lampung), dan Balikpapan (Kalimantan Timur). Bay menyebut penerapan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kapal di pelabuhan agar dapat berjalan cepat, terpercaya, transparan, dan terstandar serta biaya yang minimal.

"Dengan begitu dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia," jelas Bay di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Menurut Bay, Kemenhub menargetkan penerapan Inaportnet di 16 pelabuhan hingga akhir 2017. Saat ini sudah sepuluh pelabuhan yang menerapkan Inaportnet sehingga ada enam pelabuhan tersisa yang belum menerapkan Inaportnet.

Bay mengatakan, pelabuhan yang bakal menyusul penerapan Inaportnet yakni Pelabuhan Sorong, Palembang, Teluk Bayur, Banten, Pontianak, dan Gresik.

Untuk diketahui, Inaportnet menggabungkan beberapa layanan antara lain Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online, Aplikasi Sertifikasi Pelaut, Sistem Informasi Kepelabuhanan, dan Sistem yang ada pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper