Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

595 Converter Kit Dibagikan untuk Kendaraan Umum

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral membagikan converter kit bahan bakar gas sebanyak 595 unit di Palembang untuk meningkatkan pemanfaatan kendaraan berbahan bakar gas.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral membagikan converter kit bahan bakar gas sebanyak 595 unit di Palembang untuk meningkatkan pemanfaatan kendaraan berbahan bakar gas.

Converter kit (alat konversi) yang dibagikan terdiri dari 200 unit untuk kendaraan dinas Pemerintah Kota Palembang, 50 unit angkutan kota serta 345 unit taksi, yang merupakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan manfaat penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan ini, tidak hanya dapat dirasakan secara ekonomi tetapi juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih.

"Pembagian konkit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum bertujuan untuk memberikan alternatif bahan bakar berkualitas yaitu bahan bakar gas yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Selain itu juga mempercepat pemanfaatan SPBG yang telah dibangun Pemerintah termasuk di kota Palembang," katanya melalui siaran pers, Rabu (30/8).

Konkit untuk kendaraan dinas Pemda Palembang, angkutan kota dan taksi ini merupakan bagian dari 5.000 unit konkit yang akan dibagikan tahun ini. Dana APBN yang dialokasikan untuk konkit ini mencapai Rp 97,8 miliar.

Dari jumlah 5.000 unit konkit tersebut, PT Pertamina mendapat penugasan untuk membagikan 3.000 unit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum di Palembang, Prabumulih, Subang, Depok, Cirebon, Balikpapan, dan DKI Jakarta.

Pada saat ini proses pembagian konkit masih berjalan dan diharapkan pada November 2017 pembagian konkit di seluruh wilayah yang direncanakan dapat selesai dilakukan tanpa kendala.

Pembagian konkit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum ini merupakan kelanjutan tahun sebelumnya di mana sebanyak 1.000 unit konkit dibagikan pada tahun 2016. Konkit dibagikan untuk kendaraan dinas dan angkutan umum di DKI Jakarta, Bogor, Subang dan Balikpapan.

Pada acara yang sama, Direktur Gas PT Pertamina Yenni Andayani nengatakan pihaknya secara konsisten selalu mendukung program Pemerintah dan memberikan upaya terbaik dalam setiap penugasanyang diberikan termasuk pendistribusian konkit di Palembang ini.

"Manfaat dari penggunaan bahan bakar gas yang dapat dirasakan langsung seperti lingkungan dan udara yang bersih karena rendahnya karbondioksida yang dihasilkan oleh BBG, serta penghematan yang dihasilkan dengan berkurangnya biaya perawatan mesin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper