Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bangun Jaringan Irigasi Air Tanah di Klaten

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo menyelesaikan pembangunan 6 Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) di Provinsi Jawa Tengah yang dapat mengairi 145 Ha sawah
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengendarai sepeda motor saat meninjau pembangunan daerah irigasi Randangan/Antara-Adiwinata Solihin
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengendarai sepeda motor saat meninjau pembangunan daerah irigasi Randangan/Antara-Adiwinata Solihin

Bisnis.com, KLATEN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo menyelesaikan pembangunan 6 Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) di Provinsi Jawa Tengah yang dapat mengairi 145 Ha sawah.

Peresmian penggunaan keenam JIAT tersebut dilakukan oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani didampingi oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Imam Santoso di salah satu lokasi JIAT yakni di Desa Joho Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten, Senin (17/7/2017).

Lima lokasi JIAT lainnya yakni Desa Majegan di Kabupaten Klaten, Desa Kragan dan Desa Rejosari di Kabupaten Karanganyar, Desa Suwatu dan Desa Pengkol di Kabupaten Sragen. Debit air yang bisa dialirkan untuk mengairi persawahan melalui JIAT yakni 15-20 liter per detik dengan luasan area yang bisa diairi 20-25 Ha.

"Pompa air yang diberikan agar dipergunakan dan dirawat dengan sebaik-baiknya," ujar Menko PMK Puan Maharani seperti dikutip, Senin (17/07).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota BPK IV Rizal Djalil, Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso, Wakil Gubernur Heru Sujatmoko dan Bupati Klaten, Sekretaris Ditjen SDA Kementerian PUPR Lolly Martina Martief, Direktur Sungai dan Pantai Hari Suprayogi, Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Amir Hamzah dan Kepala BBWS Bengawan Solo Yudi Pratondo.

Sementara itu Dirjen SDA Imam Santoso mengungkapkan JIAT di Desa Joho merupakan kegiatan pemanfaatan air tanah pada BBWS Bengawan Solo, yang dibangun Tahun Anggaran 2015 dan 2016.

Pekerjaan pembangunan JIAT meliputi pengeboran sumur produksi air tanah, pembangunan rumah pompa dan jaringan irigasi perpipaannya serta Pengadaan dan pemasangan mesin pompa submersible.

"Tujuannya untuk mendukung peningkatan produksi pangan menuju tercapainya ketahanan pangan nasional," tambah Imam.

JIAT memiliki sumur pompa dengan kedalaman sekitar 135 meter dilengkapi jaringan irigasi perpipaan yang siap mengalirkan air ke areal persawahan yang membutuhkan. Jaringan perpipaan tersebut keseluruhan ditanam dalam tanah.

Dengan ketersediaan air irigasi yang memadai dari keberadaan sumur pompa ini, petani yang mendapat layanan irigasi dapat mengembangkan usaha tani dengan lebih baik. Bahkan memungkinkan petani memilih dan menentukan komoditas pertanian yang paling menguntungkan, yaitu komoditas yang memberikan hasil dengan nilai ekonomi tinggi dengan biaya produksi yang paling rendah.

Sarana dan prasarana irigasi JIAT, operasi pemeliharaannya akan diserahkan kepada Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A). Namun dalam 2 tahun ke depan akan disiapkan dukungan program dan anggaran dari BBWS Bengawan Solo Ditjen SDA Kementerian PUPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper