Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENGENDALIAN HARGA: BI Optimistis Inflasi Juni Terkendali

Bank Indonesia meyakini inflasi pada Juni tetap terkendali. Pasalnya, berdasarkan survei pada pekan kedua angka indeks harga konsumen berada di kisaran 0,5% secara month to month dan 4,17% year on year. Pada periode yang sama tahun lalu angka inflasi mencapai 4,33%
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 19 Juni 2017  |  11:40 WIB
PENGENDALIAN HARGA: BI Optimistis Inflasi Juni Terkendali
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke mobil, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015). - JIBI/Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia meyakini inflasi pada Juni tetap terkendali. Pasalnya, berdasarkan survei pada pekan kedua angka indeks harga konsumen berada di kisaran 0,5% secara month to month dan 4,17% year on year.  Pada periode yang sama tahun lalu angka inflasi mencapai 4,33%.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, terjaganya inflasi merupakan implikasi dari proses pengendalian inflasi yang dilakukan dengan baik, terutama upaya menjaga ketersediaan pasokan yang memadai. “Sekarang ini inflasi masih berada target kami 4 plus minus 1%,” kata Agus di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (19/6/2017).

Agus menambahkan, memang dalam beberapa bulan mendatang ada beberapa hal yang masih perlu dicermati pemerintah soal kemungkinan naiknya inflasi. Pertama, wacana kenaikan BBM, meski kekhawatiran kenaikan tersebut belum berdampak sampai saat ini.

Kedua, kenaikan tarif listrik 900 VA, yang dampaknya baru bisa dilihat pada akhir bulan Juni.  Ketiga, mewaspadai kemungkinan pergerakan inflasi pada bulan Ramadan serta Idulfitri supaya tetap sesuai target.

Namun demikian, jika merujuk survei yang menunjukkan angka inflasi berada di 0,5% atau 4,17% yoy, bank sentral tetap berharap inflasi bulan ini tetap terjaga.

“Kami apreasiasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang menjaga stabilitas inflasi dengan menyediakan pasokan yang memadai,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN Harga BBM Inflasi bi harga
Editor : Lutfi Zaenudin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top