Strategi Tetap Eksis, Aprindo: Meski Lesu, Toko Modern Harus Tetap Ekspansi

Wakil Ketua Aprindo Tutum Rahanta menuturkan jika peritel ingin tetap eksis maka ekspansi hanya satu-satunya jalan, termasuk ketika kondisinya sedang mengalami perlambatan seperti saat ini
Strategi Tetap Eksis, Aprindo: Meski Lesu, Toko Modern Harus Tetap Ekspansi Annisa Margrit | 21 Mei 2017 14:56 WIB
Strategi Tetap Eksis, Aprindo: Meski Lesu, Toko Modern Harus Tetap Ekspansi
Ilustrasi. - .Bisnis/Alby Albahi

Bisnis.com, JAKARTA- Wakil Ketua Aprindo Tutum Rahanta menuturkan jika peritel ingin tetap eksis maka ekspansi hanya satu-satunya jalan, termasuk ketika kondisinya sedang mengalami perlambatan seperti saat ini.

“Kalau ritel enggak ekspansi itu pasti tutup. Mungkin ekspansinya bisa dipercepat atau diperlambat, itu kira-kira yang terjadi sekarang ini,” terang dia.

Tutum melanjutkan saat ini ada format ritel tertentu yang tetap kencang menambah gerai baru, tapi ada pula yang mengerem ekspansi.

Tergantung pada apakah toko baru akan dibuka di pusat perbelanjaan atau berdiri sendiri alias stand alone. Bila pembangunan pusat belanja belum rampung sesuai jadwal awal, maka pembukaan toko pun akan tertunda.

“Tetapi, kalau tempatnya masih memungkinkan, gangguannya minim, daya beli masyarakatnya masih ada, tetap kami buka. Contohnya, minimarket kan enggak bisa berhenti,” ujar dia.

Sementara itu, Sebagian peritel telah membuka gerai baru sebelum memasuki Ramadan.

PT Matahari Department Store Tbk. misalnya, berencana membuka 6-8 gerai baru tahun ini. Dari jumlah itu, 2 toko yang masing-masing berada di Tegal dan Madiun telah beroperasi pada paruh pertama 2017.

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. juga akan membuka 4 toko baru sebelum Ramadan. Keempat gerai tersebut antara lain berlokasi di Bekasi, Tangerang, dan Jakarta.

Untuk Alfamart dan Alfamidi, perseroan membuka masing-masing 254 gerai dan 71 gerai sepanjang kuartal I/2017. Sementara itu, jumlah Lawson bertambah satu toko menjadi 35 unit.

Adapun PT Supra Boga Lestari Tbk. berencana membuka empat toko baru pada 2017.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
toko modern

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top