Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Lebaran, Terminal Pulogebang Terapkan E-Ticketing

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek menyatakan Terminal Pulogebang di Jakarta Timur mulai akan menerapkan e-ticketing saat angkutan Lebaran mulai berjalan.
Terminal Pulogebang/Berita Jakarta
Terminal Pulogebang/Berita Jakarta

Bisnis.com, DENPASAR--Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek menyatakan Terminal Pulogebang di Jakarta Timur mulai akan menerapkan e-ticketing saat angkutan Lebaran mulai berjalan.

Penerapan sistem elektronik tersebut diyakini dapat meningkatkan pelayanan kepada pengguna terminal terbesar di Indonesia itu serta khususnya bagi pemudik. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Sinaga memaparkan pemberlakuan sistem elektronik ini akan dapat mempermudah pengguna.

‎"Nanti dengan sistem ini orang tidak akan jual tiket sembarangan," paparnya di sela-sela diklat bagi pengelola terminal di Denpasar, Senin (8/5/2017).

‎Dia menegaskan sistem ini akan dipasang sebelum puasa Idul Fitri guna mengantisipasi arus mudik. Teknisnya, setiap loket milik operator di Pulogebang akan diwajibkan menjual tiket yang berisikan barcode khusus agar bisa terbaca oleh sistem di pintu masuk penumpang.

Dengan begitu, penumpang yang membawa tiket bisa mendapatkan informasi mengenai harga dan tujuannya secara jelas. Selain itu, bentuk tiketnya juga akan seragam karena masing-masing perusahaan organda (PO) tidak bisa sembarangan mengelurkan tiket tanpa barcode.

Untuk menjual tiket tersebut, BPTJ sudah memiliki sistem yang memudahkan tenaga PO saat melayani penumpang. Bahkan, rencananya dari 116 PO‎ yang beroperasi saat ini, beberapa diantaranya khususnya yang kecil akan diberikan dalam satu sistem penjualan agar tidak membingungkan penumpang karena terlalu banyak loket.

‎"Jalan keluar di Pulogebang nanti tidak diatur satu loket, tetapi loket-loket itu nanti jadinya 40 PO. Pasti akan ada kendala, tapi petugas PO bisa ditraining mereka karena mereka yang jual. Cuma mereka jual memakai sistem yang sudah kami buat, sehinga tidak mengeluarkan masing-masing tiket," tuturnya.

Selain masalah tiket elektronik, BPTJ juga mendorong pengelola terminal merapikan alur bus terutama proses pengendapan supaya tidak membuat krodit. Masalah lain yang ditekankan harus segera dibereskan adalah kelayakan sopir dan kendaraan.‎

Elly menekankan Pulogebang agar memperbaiki fasilitas papan informasi sehingga penumpang yang datang pertama kali tidak kebingungan. Dia mengacu dengan terminal-terminal di negara maju dan berkembang yang membantu penumpang.

"Target dalam mengelola terminal supaya disenengin masyarakat, keselamatan dan pelayanan yang baik. Nanti alur keberangkatan, sistem informasi, dan petunjukan disediakan supaya memudahkan," jelasnya‎.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper