Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum IDB: Setelah Indonesia, Gabon Jadi Tuan Rumah 2018

Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investment Forum menjadi ajang eksplorasi potensi investasi berbagai proyek dari sejumlah negara. Rencananya, acara tahunan ini akan dilaksanakan di Gabon pada 2018.
Islamic Development Bank Group/Istimewa
Islamic Development Bank Group/Istimewa

Bisnis.com, BADUNG - Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investment Forum menjadi ajang eksplorasi potensi investasi berbagai proyek dari sejumlah negara. Rencananya, acara tahunan ini akan dilaksanakan di Gabon pada 2018.

Tahun ini, gelaran The 3rd Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investment Forum yang berlangsung pada Senin-Rabu (10-12/4/2017) di Nusa Dua, Badung, Bali.

President Islamic Development Bank (IDB) Bandar M. H. Hajjar menyampaikan, forum IDB bertujuan mengenalkan investor SWF (Sovereign wealth Fund) agar bisa menempatkan dananya dalam proyek-proyek potensial dari berbagai negara.

Saat ini, anggota IDB yang berjumlah 57 negara masih kekurangan dana pembangunan sebesar US$200 miliar-US$220 miliar setiap tahunnya. Untuk mengatasi tantangan tersebut, IDB bekerja sama perusahaan swasta, pemerintah, dan lembaga multilateral lainnya.

Jumlah SWF (Sovereign Wealth Fund) mencapai 78 negara, dengan total aset sejumlah US$7,5 triliun. Dari jumlah itu, IDB menampung 32 SWF dengan total aset mencapai US$3,3 triliun.

Dia menjelaskan, forum IDB sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap tahun. Pada 2015, acara dilaksanakan di Jedah, Arab Saudi, tahun 2016 di Maroko, dan tahun ini di Indonesia. Adapun pada tahun depan, acara forum IDB akan dilaksanakan di Gabon.

CEO Fonds Gabonais d'Investissements Stratégiques (pengelola Sovereign Wealth Fund Gabon) Serge Thierry Mickoto mengatakan, acara forum IDB keempat direncakan dilaksanakan pada April dan Mei 2018 di Libreville. Ibu Kota Gabon itu juga merupakan kota terbesar di negaranya.

Serge menyampaikan, pihaknya perlu melakukan diversifikasi investasi, baik dari segi geografis maupun sektor. Saat ini, Gabon masih mengandalkan proyek-proyek penambangan minyak mentah sebagai penghasilan utama.

"Sebagian investasi kami memang masih di Afrika. Kami mencari diversifikasi secara geografis dan bidang ekonomi lainnya. Forum IDB membuka kesempatan itu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper