Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Forum IDB: Setelah Indonesia, Gabon Jadi Tuan Rumah 2018

Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investment Forum menjadi ajang eksplorasi potensi investasi berbagai proyek dari sejumlah negara. Rencananya, acara tahunan ini akan dilaksanakan di Gabon pada 2018.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 11 April 2017  |  12:40 WIB
Islamic Development Bank Group - Istimewa
Islamic Development Bank Group - Istimewa

Bisnis.com, BADUNG - Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investment Forum menjadi ajang eksplorasi potensi investasi berbagai proyek dari sejumlah negara. Rencananya, acara tahunan ini akan dilaksanakan di Gabon pada 2018.

Tahun ini, gelaran The 3rd Islamic Development Bank (IDB) Member Countries Sovereign Investment Forum yang berlangsung pada Senin-Rabu (10-12/4/2017) di Nusa Dua, Badung, Bali.

President Islamic Development Bank (IDB) Bandar M. H. Hajjar menyampaikan, forum IDB bertujuan mengenalkan investor SWF (Sovereign wealth Fund) agar bisa menempatkan dananya dalam proyek-proyek potensial dari berbagai negara.

Saat ini, anggota IDB yang berjumlah 57 negara masih kekurangan dana pembangunan sebesar US$200 miliar-US$220 miliar setiap tahunnya. Untuk mengatasi tantangan tersebut, IDB bekerja sama perusahaan swasta, pemerintah, dan lembaga multilateral lainnya.

Jumlah SWF (Sovereign Wealth Fund) mencapai 78 negara, dengan total aset sejumlah US$7,5 triliun. Dari jumlah itu, IDB menampung 32 SWF dengan total aset mencapai US$3,3 triliun.

Dia menjelaskan, forum IDB sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap tahun. Pada 2015, acara dilaksanakan di Jedah, Arab Saudi, tahun 2016 di Maroko, dan tahun ini di Indonesia. Adapun pada tahun depan, acara forum IDB akan dilaksanakan di Gabon.

CEO Fonds Gabonais d'Investissements Stratégiques (pengelola Sovereign Wealth Fund Gabon) Serge Thierry Mickoto mengatakan, acara forum IDB keempat direncakan dilaksanakan pada April dan Mei 2018 di Libreville. Ibu Kota Gabon itu juga merupakan kota terbesar di negaranya.

Serge menyampaikan, pihaknya perlu melakukan diversifikasi investasi, baik dari segi geografis maupun sektor. Saat ini, Gabon masih mengandalkan proyek-proyek penambangan minyak mentah sebagai penghasilan utama.

"Sebagian investasi kami memang masih di Afrika. Kami mencari diversifikasi secara geografis dan bidang ekonomi lainnya. Forum IDB membuka kesempatan itu," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

idb
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top