Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Muslim Festival Bangkitkan Ekonomi Kreatif Warga Depok

Wali Kota Depok Mohammad Idris mendukung acara pameran Indonesia Muslim Festival (IMF) 2017 dan berharap kegiatan ini bisa juga membangkitkan ekonomi kreatif warga Depok.
Dari kiri Presdir PT Bolabali Convex Masayoe Dian Anggraini, Deputi Direktur Kemenpar Tazbir, dan Walikota Depok M. Idris Abdul Somad
Dari kiri Presdir PT Bolabali Convex Masayoe Dian Anggraini, Deputi Direktur Kemenpar Tazbir, dan Walikota Depok M. Idris Abdul Somad

Bisnis.com, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris mendukung acara pameran Indonesia Muslim Festival (IMF) 2017 dan berharap kegiatan ini bisa juga membangkitkan ekonomi kreatif warga Depok.

"Jika industri kreatif maju maka akan mampu menyerap tenaga kerja," katanya hari ini (Kamis, 9/3/2017).

Untuk itu, kata dia, perlu terus meningkatkan industri kreatif agar semakin maju dan bisa memberikan sumbangsih bagi negara.

Kota Depok yang mayoritas masyarakat muslim dan menyandang sebagai Kota Religi, juga memiliki beragam kegiatan inovatif yang mampu memberdayakan banyak orang dalam membuat kegiatan-kegiatan yang berbasis Islam.

Pameran Indonesia Muslim Festival (IMF) 2017 akan digelar perdana di Kota Depok, Jawa Barat, dengan mengusung tema Indahnya Pengusaha dan Keluarga Muslim Indonesia Berbagi.

"Dalam pameran IMF 2017 menghadirkan rangkaian pameran busana dari para pengusaha busana muslim Depok dan sejumlah wilayah di Indonesia dengan menampilkan keragaman karya desainer dan merek busana muslim Indonesia terkini," kata Direktur Utama PT Bola Bali Convex Masayoe Dian Anggraini yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara IMF 2017,saat konferensi pers di Depok.

Pameran yang digelar pada 27-30 Juli 2017 ini diharapkan menjadi ikon baru dalam menyampaikan keindahan-keindahan Islam kepada masyarakat dan keluarga muslim Indonesia.

Kegiatan pameran, talk show, promosi makanan halal, fashion show, dan berbagi kepada yatim piatu dalam satu atap tersebut akan dilaksanakan di Balairung Budi Utomo, Hotel Bumi Wiyata.

Pameran IMF 2017 diselenggarakan oleh PT Bola Bali Convex dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Depok, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI, dan Kementerian Pariwisata RI.

Ia mengatakan dalam pameran IMF 2017 ini, tak sepenuhnya didominasi kegiatan perdagangan semata, tetapi juga diisi oleh aktivitas Islami lainnya.

Pameran ini mempunyai tujuan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sosial pembangunan karakter pengusaha dan keluarga muslim Indonesia, dan lebih difokuskan untuk mendorong kegiatan kewirausahaan, pemberdayaan keluarga muslim, dan pemberantasan kemiskinan, membantu yayasan fakir miskin dan lainya.

"Jadi selain mengarah kepada business to business [B2B] dengan mendatangkan pembeli lokal, dalam pameran IMF 2017 juga menyertakan kegiatan gelar wicara dan lokakarya," kata Dian.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tazbir berharap agar pameran tersebut tidak hanya berfokus pada produk saja tetapi juga sektor jasanya perlu diperhatikan.

"Dengan jumlah penduduk yang mayoritas muslim maka tentunya menjadi daya beli yang sangat kuat untuk menggerakkan perekonomian," katanya.

Ia menilai lokasi pameran yang berada di Kota Depok Jawa Barat merupakan lokasi yang strategis karena dekat dengan Jakarta dan juga Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lahyanto Nadie
Editor : Lahyanto Nadie
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper