Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

April, N-219 Terbangi Kota Bandung

Pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia N-219 dipastikan akan melakukan uji terbang pada April mendatang.
N-219
N-219

Bisnis.com, SEMARANG - Pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia N-219 dipastikan akan melakukan uji terbang pada April mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, Jumat (27/1/2017).

"Insya Allah, ini sekarang landing gear (roda pendaratan) sudah selesai, wing-nya juga sudah selesai. Tinggal perakitannya ke depan," katanya, di Semarang.

Hal tersebut diungkap Menristekdikti usai menyampaikan kuliah umum di Auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyambut dies natalis ke-52 universitas berjuluk konservasi itu.

Proses perakitan, kata mantan Rektor terpilih Universitas Diponegoro Semarang (Undip) itu, akan diselesaikan hingga akhir Maret 2017 untuk disiapkan uji terbang pada April mendatang.

"Uji terbang direncanakan di Bandung. Nanti area terbangnya selama 200-300 jam di seluruh Indonesia. Kalau ini sudah selesai, kemudian 2018 sudah bisa berproduksi," katanya.

Untuk berbagai perizinannya juga sudah dikantongi, lanjut dia, tinggal izin terbang saja yang jika sudah bisa diselesaikan berarti bisa dilakukan produksi secara massal.

"Untuk produksi, sparepart sudah ada dukungan, sudah mendapatkan sertifikat juga. Tinggal masalah uji terbang," kata Menteri kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 27 Juni 1960 itu.

Nasir memastikan pesawat N-219 yang dibuat PT Dirgantara Indonesia (DI) itu 100%  buatan anak Indonesia, atau generasi kedua setelah pesawat N-250.

"Ini 100% buatan anak Indonesia, cuma komponennya ada yang dari asing, sebagian ada yang dari Indonesia. Tetapi, pembuatannya semua dilakukan orang Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper