Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaringan Pipa Pertagas Terganggu, Suplai ke PLTGU Belawan Terhenti

Sejak Minggu pagi (1/1/2017) pukul 02.44 WIB hampir seluruh daerah di Sumatra Utara dan Aceh mengalami pemadaman listrik. Pasalnya, suplai gas ke PLTGU Belawan terhenti karena salah satu panel pipa distribusi milik PT Pertagas mengalami gangguan.
ilustrasi/bisnis
ilustrasi/bisnis

Bisnis.com, Medan--Sejak Minggu pagi (1/1/2017) pukul 02.44 WIB hampir seluruh daerah di Sumatra Utara dan Aceh mengalami pemadaman listrik. Pasalnya, suplai gas ke PLTGU Belawan terhenti karena salah satu panel pipa distribusi milik PT Pertagas mengalami gangguan.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumut Mustafrizal mengatakan PLTGU Belawan memasok daya 350 MW. Tak hanya itu, beberapa pembangkit lain seperti PLTU Pangkalan Susu, PLTG Paya Pasir dan PLTA Nagan Raya pun tak mampu menahan beban.

"Yang utama penyebab blackout adalah gangguan panel itu. Kami masih menunggu perbaikan dari Pertagas. Tapi hingga saat ini beberapa pembangkit sudah mulai pulih, karena ada bantuan dari Sumatra bagian Tengah. Beberapa daerah yang sudah mulai pulih yaitu Rantau Parapat, Kisaran, Tebing Tinggi, Tanjung Morawa, Bandara Kualanamu, dan beberapa di Medan," papar Mustafrizal, Minggu (1/1/2017).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, bantuan listrik dari Sumbagteng tersebut mampu membantu memicu operasional PLTD Belawan, PLTG Paya Pasir dan PLTA Asahan. Kendati demikian, hingga saat ini PLTGU Belawan dan PLTU Pangkalan Susu belum beroperasi.

"Total pasokan listrik sekarang sudah sekitar 190-an MW. Padahal ketika padam tadi pagi beban mencapai 1.600 MW. Masih sangat kurang. Kami hanya bisa menunggu dan melakukan pemulihan di lapangan. Mana gardu induk yang sudah bisa kami nyalakan. Terus berbenah di lapangan," pungkas Mustafrizal.

Adapun, PLN Wilayah Sumut belum dapat memastikan hingga kapan persoalan ini dapat selesai. Berdasarkan pantauan, beberapa daerah di Medan seperti Medan Baru, dan Medan Selayang sudah tidak lagi mengalami pemadaman sejak pukul 09.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper