Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WINGS AIR TERGELINCIR: AP I Tegaskan Investigasi Dilakukan KNKT

Manajemen Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah menyatakan proses investigasi atas kejadian tergelincirnya Pesawat Wings Air sudah ditangani tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Bandara Achmad Yani/Bisnis.com - Pamuji Tri Nastiti
Bandara Achmad Yani/Bisnis.com - Pamuji Tri Nastiti

Bisnis.com, SEMARANG—Manajemen Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah menyatakan proses investigasi atas kejadian tergelincirnya Pesawat Wings Air sudah ditangani tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko menyatakan proses evakuasi penumpang langsung dilaksanakan pascakejadian Minggu (25/12) malam dan seluruh penumpang diamankan di terminal kedatangan internasional Bandara Ahmad Yani.

Menurutnya, seluruh penumpang dinyatakan selamat dari kejadian tersebut. Adapun, proses evakuasi pada badan pesawat berlangsung pada pagi dini hari pukul 02.30-06.15 WlB. Sementara ini badan pesawat diletakkan di Apron Bandara yang baru melewati area taxrway Bandara baru.

“Tim KNKT sudah terjun ke lokasi pada Minggu malam. Segala hal yang berkaitan dengan kejadian dan penyebabnya adalah menjadi ranah KNKT,” papar Priyo, Senin (26/12).

Dia menjelaskan pada Minggu (25/12), pesawat Wings Air jenis ATR 72-600 Reg PK-WGW dengan nomor penerbangan lW 1896 rute Bandung-Semarang mengalami crash saat mendarat di Runway 13 sekitar pukul 18.24 WIB. Keadaan cuaca pada saat kejadian tersebut hujan sedang, awan rendah, visibility 3 km, dengan kecepatan angin 140/12 kt. Penumpang pesawat berjumlah 68 orang yang terdir dari 62 orang dewasa dan 6 orang anak-anak, ditambah 4 orang crew pesawat.

Beberapa penerbangan yang dibatalkan maupun ditunda atas kejadian ini pada Mmggu (25/12) malam, adalah Sriwijaya nomor penerbangan SJ 226 tujuan Surabaya, Silk Air nomor penerbangan MI 103 tujuan Singapura. Wings Air nomor penerbangan M 1896 tujuan Surabaya. Kalstar nomor penerbangan KO 622 tujuan Pontianak, Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 246 dari Jakarta, Batik Air nomor penerbangan ID 6346 dan ID 6352 dari lakana dan NAM Air nomor penerbangan IN 220 darl Jakarta. Adapun, pada Senin (26/12), penerbangan yang dibatalkan adalah Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 231 tujuan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper