Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NATAL & TAHUN BARU: Pelindo I Prioritaskan Kapal Penumpang

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) siap melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2017. Persiapan dan pemantauan terus dilakukan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yakni Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, dan Sei Kolak Kijang.
KM Tilongkabila/kapal-penumpang-pelni.blogspot.com
KM Tilongkabila/kapal-penumpang-pelni.blogspot.com

Bisnis.com, MEDAN—PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) siap melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2017.

Persiapan dan pemantauan terus dilakukan di delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yakni Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang, dan Sei Kolak Kijang.

ACS Humas Pelindo I Fiona Sari Utami menyebutkan, selama masa libur Natal dan Tahun Baru, kunjungan kapal penumpang akan mendapatkan prioritas jika ada kunjungan kapal bersamaan.

“Prioritas ini yakni sandar di terminal dan di luar terminal penumpang. Kami juga sudah menyiapkan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang. Di Bandar Deli saat ini suda ada dua unit garbarata. Selain itu, terminal ini sudah lengkap dengan fasilitas guesthouse, ruang tunggu VIP dan ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, kantin, toko suvenir, dan sebagainya,” papar Fiona, Senin (19/12/2016).

Lebih lanjut, dia menerangkan untuk mengantisipasi lonjakan arus barang kebutuhan bahan pokok, Pelindo I juga telah menyiapkan dermaga, sistem dan prosedur pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muar, tenaga operasional lapangan serta kesiapan informasi dan teknologi.

“Kami juga membentuk posko pengawasan dan tim pemantau kesiapan pelayanan. Anggotanya Kesyahbaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo I, kepolisian, TNI AL, bea cukai, karantina, imigrasi dan kesehatan pelabuhan. Tim ini bertugas memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, bongkar muat barang hingga pelaporan,” tambahnya.

Adapun, tim ini bertugas sejak 18 Desember 2016 hingga 9 Januari 2017.

“Kami ingin zero accident. Tim ini juga akan berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran untuk kapal penumpang agar tidak sandar pada malam hari,” pungkas Fiona.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper