Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSN Siapkan Standar Halal Pemotongan Hewan

Badan Standardisasi Nasional tengah menyiapkan standar halal bagi proses pemotongan unggas guna mendukung UU Jaminan Produk Halal.
Rumah potong hewan. /Antara
Rumah potong hewan. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Standardisasi Nasional tengah menyiapkan standar halal bagi proses pemotongan unggas guna mendukung UU Jaminan Produk Halal.

Kepala Bidang Pertanian, Pangan, dan Kesehatan Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wahyu Purbowasito mengatakan pemerintah tengah menyiapkan RPP Jaminan Produk Halal.

Pihaknya tengah menyiapkan rencana mewajibkan standar tersebut, karena untuk mendapatkan sertifikati halal harus mengikuti SNI halal tersebut. Kalau produknya ayam ya mulai dari penyembelihannya sudah sesuai dengan ketentuan di SNI.

"Nah, standar itu sedang kami siapkan. Setelah unggas ada pemotongan hewan remunansia," ujarnya, Kamis (15/12/2016).

Dia menjamin bahwa pengaturan SNI tersebut tidak akan membuat pelaku usaha kerepotan untuk mendaftarkan sertifikasi karena persyaratan halal yang akan merujuk kepada SNI. Artinya, asal proses pemotongan unggas tersebut memenuhi standar halal yang ditetapkan BPJPH, otomatis dia sudah memenuhi SNI pula.

“Tidak dobel. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal [BPJPH] tidak akan mengeluarkan aturan. Mereka merujuk pada SNI operasionalnya. Dia hanya semacam pendaftaran.  Mekanisme pnempelan logo halal nanti merujuk pada SNI langsung ke Lembaga Penjamin Halal,” ujarnya, Kamis (15/12/2016)

Setelah itu metode uji untuk pengujian seberapa besar negatif kandungan suatu produk terhadap unsur non halal. “Antara kasat mata dan pengujian kan berbeda, nah nanti akan diatur batas [negatifnya] seberapa supaya pengujia di tempat A dan tempat B hasilnya sama,” jelasnya

“Pada dasarnya kami mencoba lebih simpel dan tidak memberatkan [pelaku usaha] karena berubungan dengan perdagangan interansional juga,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper