Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

GEMPA ACEH: Kemendag Kirim Tim Mendata Kerusakan Pasar

Kementerian Perdagangan tengah memetakan dampak dari gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, khususnya pasar-pasar rakyat yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,5 SR tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Desember 2016  |  21:05 WIB
GEMPA ACEH: Kemendag Kirim Tim Mendata Kerusakan Pasar
Warga menyaksikan Masjid Jami Nur Abdullah yang ambruk akibat gempa di lintasan jalan nasional Desa Parue Keude, Kecamatan Bandar Baru Pidie Jaya, Propinsi Aceh, Rabu (7/12). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan tengah memetakan dampak dari gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, khususnya pasar-pasar rakyat yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,5 SR tersebut.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam jumpa pers mengatakan pihaknya sudah mengirimkan tiga tim untuk melihat kondisi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh tersebut. Tim-tim itu akan melakukan pendataan untuk segera bisa dilaporkan dan diambil langkah lanjutan.

"Ada tiga tim yang diberangkatkan dan melihat kondisi di sana, untuk nantinya bisa ditindak lanjut," kata Enggartiasto, di Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Salah satu laporan yang diterima adalah, ada satu pasar yang seharusnya dalam waktu dekat akan diserahterimakan kepada pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, terdampak gempa tersebut. Kementerian Perdagangan akan melakukan pemeriksaan mendetil terhadap kondisi pasar tersebut.

Sejauh ini, tercatat sebanyak tiga pasar rakyat yang rusak akibat gempa tersebut. Namun, Kementerian Perdagangan hingga saat ini masih belum bisa menentukan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun ulang.

Saat ini masih menunggu hasil laporan dari tim yang dikirimkan ke daerah terdampak, untuk nantinya segera diambil langkah lanjutan oleh pemerintah.

Untuk arus barang kebutuhan pokok dan pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) ke daerah bencana, Enggartiasto mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada masalah. Semua arus distribusi kebutuhan pokok dan CBP masih bisa disalurkan ke wilayah tersebut.

Sejauh ini, pemerintah telah memberikan respons cepat untuk penanganan gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh tersebut. Bahkan, Presiden Joko Widodo bertolak ke wilayah tersebut untuk mengetahui kondisi wilayah terdampak gempa.

Presiden telah menginstruksikan Menteri Perdagangan untuk segera membangun kembali pasar-pasar rakyat yang terkena dampak dari gempa bumi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag Gempa Aceh

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top