Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Matangkan Program Pariwisata pada 2020, Bengkulu Butuh Rp20 Triliun

Pemerintah Provinsi Bengkulu memprediksikan kebutuhan biaya senilai Rp20 triliun untuk merealisasikan program Wonderful Bengkulu, untuk menjadikan provinsi tersebut sebagai tujuan wisata nasional pada 2020.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu memprediksikan kebutuhan biaya senilai Rp20 triliun untuk merealisasikan program Wonderful Bengkulu, untuk menjadikan provinsi tersebut sebagai tujuan wisata nasional pada 2020.

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mejelaskan modal tersebut akan diupayakan dari dana pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi, serta investor swasta.

Dia mengungkapkan saat ini alokasi anggaran untuk infrastuktur pariwisata di Bengkulu hanya mencapai Rp1 triliun dari total APBD 2017 senilai Rp3,5 triliun. Oleh karena itu, pemprov akan mengebut promosi guna menggaet para calon investor mulai tahun ini.

“Saya ingin pada 2020 sudah tidak adablank spot lagi untuk sektor pariwisata. Mulai dari sinyal jaringan, listrik, infrastrutur, standar kuliner, harga barang, pelayanan, dan semuanya akan kita benahi sesuai standar destinasi pariwisata,” ujarnya kepada Bisnis pada Rabu malam (16/11/2016).

Ridwan memerinci, kebutuhan anggaran Rp20 triliun untuk pembangunan sektor pariwisata Bengkulu itu akan dipetakan berdasarkan prioritas kerja per tahun. Pada 2017, prioritasnya adalah pembenahan dan pembangunan infrastuktur.

Pada 2018 prioritasnya adalah melengkapi infrastukrtur dan fasilitas lain yang dibutuhkan[ 2019 mempersiapkan produk bernilai tambah mulai dari kuliner hingga suvenir, serta membangun sarana transportasi pariwisata serta pusat informasi bagi wisatawan.

“Pada 2020 targetnya semua persiapan sudah sempurna untuk menjadikan Bengkulu sebagai destinasi pariwisata nasional. Kami sedang memperjuangkan agar Bengkulu masuk calendar of event dari Kementerian Pariwisata,” tutur Ridwan.

Salah satu program yang diunggulkan untuk calendar of event tersebut adalah wacana Sail Enggano pada 2020. Untuk itu, Pemprov Bengkulu berencana menghidupkan bisnis olahraga kemaritiman, seperti; menyelam, snorkeling, selancar, dan memancing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper