Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LALU LINTAS TAHUN BARU: Jabar Periksa 1.000 Jembatan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memeriksa secara detil 1.000 jembatan di provinsi tersebut, sebagai mengantisipasi kerusakan menjelang perayaan Tahun Baru 2017.
Jembatan rusak. Ilustrasi. /Antara
Jembatan rusak. Ilustrasi. /Antara

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat memeriksa secara detil 1.000 jembatan di provinsi tersebut, sebagai mengantisipasi kerusakan menjelang perayaan Tahun Baru 2017.

Kepala Dinas Bina Marga Jabar M Guntoro mengatakan cuaca ekstrem yang melanda Jabar belakangan ini membuat perhatian terjadinya kerusakan tidak hanya difokuskan pada kondisi jalan.

Namun berangkat dari putusnya dua jembatan utama di Kota Banjar dan Pangandaran beberapa waktu sehingga pemeriksaan jembatan mulai dilakukan.

“Saya sudah minta tolong ke rekan-rekan di balai. Siaga. Tolong diperiksa jembatan di provinsi ini yang kalau dihitung jumlahnya ada 1000,” katanya di Bandung, Selasa (15/11/2016).

Menurutnya jembatan di Jabar memiliki total panjang sekitar 12.600 meter beberapa berpotensi rawan rusak karena sekitar 200 jembatan merupakan jembatan lama buatan Belanda. Jembatan lama rata-rata fondasi tengahnya dibangun dengan batu-bata. “Sekarang rata-rata kiri-kanannya sudah dilebarkan, tapi fondasi bata di tengahnya belum berubah,” tuturnya.

Dia menunjuk jembatan di wilayah Majalengka, Tasikmalaya dan Cianjur menjadi perhatian khusus. Karena jumlah jembatan besar sementara tenaga di balai terbatas, pihaknya meminta pemeriksaan difokuskan pada jembatan lama. “Kita mendeteksi harus rinci, kemungkinan jembatan rusak ada di seluruh ruas,” katanya.

Namun, pihaknya mengakui perbaikan jembatan rusak di Jabar tidak bisa optimal karena keterbatasan dana. Bina Marga tahun ini hanya menganggarkan Rp10 miliar guna melakukan penguatan fondasi terutama jembatan yang kerap digerus air sungai. “Cuma rehab-rehab saja, belum ada yang diganti total, paling ada yang separuh dicor,” tuturnya.

Guntoro mengakui jalur-jalur yang menjadi lintasan kendaraan saat libur akhir tahun berada di kawasan potensi bencana longsor dan banjir. Pemeriksaan dini menurutnya diharapkan bisa mengantisipasi kejadian jembatan putus, amblas dan ambruk. “Balai milik kementerian juga cadangan bailey-nya terbatas, jembatan putus di Pangandaran kan baileynya pinjam,” paparnya.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengakui dana perbaikan jembatan di Jabar sangat terbatas untuk jembatan-jembatan milik provinsi. Namun dalam kondisi bencana, kejadian jembatan putus di Pangandaran meski milik Pusat pihaknya tetap mengucurkan dana Rp1,6 miliar.

“Dana tersebut sepenuhnya digunakan untuk pembiayaan teknis dan operasional pemasangan jembatan bailey.  Baileynya dari pusat, tapi biaya teknis dan operasionalnya dari Pemprov,” paparnya.

Dia mengaku untuk perbaikan jembatan-jembatan yang merupakan kewenangan pusat pihaknya akan mengirim surat agar disediakan anggaran besar di APBN 2017. Menurutnya jembatan-jembatan lama peninggalan Belanda sudah saatnya diperbaiki permanen. "Yah sayang mending langsung aja permanen,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan 5 jembatan akan diprioritaskan untuk diperbaiki dalam APBD 2017 mendatang. Anggaran sebesar Rp75 miliar telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam APBD 2017. “Jumlah ini berarti satu jembatan bernilai sebesar Rp15 miliar,” katanya.

Jembatan yang dimaksud tersebut adalah jembatan Ciherang Pasawahan – Parakan Lima Jatiluhur, jembatan Ciherang Ciawitali – Bungur Jaya Pondok Salam, jembatan Mekar Jaya Purwakarta – Banggala Mulya Subang, jembatan Cikadu Purwakarta – Cimayasari Subang dan penyelesaian jembatan Cirarunggang Purwakarta.“Jembatan-jembatan ini kita prioritaskan pengerjaannya,” kata Dedi. (K57)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper