Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Susi Undang Rusia Tanamkan Investasi di Sektor Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengundang Rusia berinvestasi di sektor kelautan dan perikanan Indonesia karena potensinya yang besar.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 31 Oktober 2016  |  18:21 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengundang Rusia berinvestasi di sektor kelautan dan perikanan Indonesia karena potensinya yang besar.

Siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan, Senin (31/10/2016), menyebutkan undangan itu disampaikan Susi dalam Forum Bisnis Indonesia-Rusia 2016 di Jakarta pada hari yang sama.

"Indonesia adalah negara yang besar dari segi luas wilayah dan kekayaan alamnya. Oleh karena itu, saya yakin Indonesia adalah salah satu partner strategis bagi Rusia dalam hal ekonomi. Perikanan Indonesia adalah salah satu sektor yang sangat potensial dan menarik untuk para investor Rusia," kata Susi.

Dia menyampaikan kenaikan produk domestik bruto (PDB) sektor kelautan dan perikanan tahun ini merupakan yang tertinggi di antara tahun-tahun sebelumnya. PDB sektor itu naik dalam dua tahun terakhir dibarengi dengan kenaikan nilai tukar nelayan (NTN) dan melimpahnya tangkapan ikan nelayan domestik.

Tidak hanya dalam hal investasi, Menteri Susi berharap Jakarta dan Moskow juga dapat bekerja sama dalam memberantas illegal fishing.

"Karena saya yakin illegal fishing bukan hanya masalah Indonesia, melainkan juga masalah Rusia," ujar Susi.

Salah satu rencana strategis KKP adalah membuka transportasi langsung dari pulau-pulau terluar strategis Indonesia ke luar negeri, salah satunya ke Moskow, ibu kota Rusia.

"Saya ingin adanya jalur penerbangan langsung ke Moskow. Ke depannya kami akan bekerja sama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Garuda Indonesia. Kami ingin Indonesia jadi poros maritim dunia," ujarnya.

Menteri Susi juga mengemukakan visi Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia yang akan dilakukan dengan kerja sama dengan berbagai negara, termasuk Rusia.

"Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia dalam kargo, bisnis, perikanan, dan pariwisata," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

illegal fishing Susi Pudjiastuti investasi rusia
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top