Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKSPOR PANGAN: Produksi Pangan di Wilayah Perbatasan Digenjot, Agar Bisa Diekspor

Pemerintah menargetkan meningkatkan produksi komoditas pangan di wilayah-wilayah perbatasan untuk bisa diekspor ke negara tetangga yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Indonesia.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 31 Oktober 2016  |  13:25 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman - Antara
Menteri Pertanian Amran Sulaiman - Antara

Bisnis.com, SURAKARTA -  Pemerintah menargetkan meningkatkan produksi komoditas pangan di wilayah-wilayah perbatasan untuk bisa diekspor ke negara tetangga yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Indonesia.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan program kerja Kementerian Pertanian pada tahun ketiga pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah meningkatkan produksi pertanian di wilayah perbatasan.

"Tahun ketiga kita membangun perbatasan dari pinggiran sebagaimana arahan Bapak Presiden, sehingga selundupan selama ini cabai, bawang, beras hilang. Kita selesaikan dengan produksi di perbatasan," kata Amran, Jumat (29/10/2016).

Dia menargetkan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian di wilayah Kepualaun Riau, Entikong, Merauke, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Mentan yang meraih gelar S1 hingga S3 di Universitas Hasanuddin Makassar tersebut menegaskan pembangunan infrastruktur dan pengembangan bibit unggul akan terus dilanjutkan, selain membangun pertanian daerah pinggiran.

Setelah Indonesia bisa swasembada beras dan jagung nasional, dia berharap, ke depannya setiap pulau besar di Indonesia bisa swasembada pangan.

"Diharapkan ke depan semua pulau swasembada, tidak mengambil beras dari Jawa. Contoh Kalimantan jangan mengambil beras dari Jawa Tengah, mengingat sampai tahun ini masih mengambil beras dari Jawa Tengah. Kemudian Sulawesi Selatan, Jawa Timur diharapkan mampu mandiri pangan," ujar dia.

Menurutnya, setiap daerah bisa menekan inflasi melalui kontribusi produksi pangan yang kemudian berimbas menekan inflasi secara nasional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

produksi pangan swasembada pangan

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top