Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Navigasi Benggala Dipangkalkan di Sabang

Distrik Navigasi Kelas II Sabang menyambut kedatangan Kapal Kenavigasian KN. Benggala yang telah selesai dibangun di galangan kapal PT Citra Shipyard Batam pada 29 September 2016.
Kapal Navigasi/Ilustrasi-Antara
Kapal Navigasi/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Distrik Navigasi Kelas II Sabang menyambut kedatangan Kapal Kenavigasian KN Benggala yang telah selesai dibangun di galangan kapal PT Citra Shipyard Batam pada 29 September 2016.

Pembangunan kapal ini merupakan rangkaian pembangunan kapal dalam rangka menyukseskan program tol laut yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Kenavigasian Bambang Wiyanto mengapresiasi pembangunan kapal ini yang sesuai dengan kontrak dengan PT Citra Shipyard Batam pada 7 Oktober 2015.

“Dalam operasionalnya KN. Benggala ini memiliki fungsi untuk melaksanakan pemantauan kesinambungan operasional SBNP, melaksanakan penjemputan penjaga menara suar, melaksanakan perawatan darurat terhadap SBNP, dan melaksanakan tugas survey dan pengamatan laut, SAR dan tugas-tugas pemerintah lainnya” ujarnya dalam siaran pers, Senin (3/10/2016).

Sementara itu, menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono berharap KN Benggala yang dipangkalkan pada Distrik Navigasi Kelas II Sabang dapat memperkuar armada yang dimiliki Disnav Sabang.

“Saya harap Disnav Sabang dapat menjaga dan merawat kapal ini agar kondisi teknisnya terus terjaga dan selalu laiklaut agar bisa diandalkan dalam operasionalnya,” kata Tonny.

Dengan kehadiran kapal ini, lanjut Dirjen, diharapkan dapat meningkatkan keandalan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) demi mendukung terciptanya keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia. Adapun kapal ini memiliki spesifikasi panjang 32 meter, lebar 6,26 meter, tinggi 3,46 meter, kecepatan 20 knot, dan kapasitas angkut crew sebanyak 14 orang.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan mengadakan pembangunan kapal kenavigasian sebanyak 20 unit kapal dengan rincian lima unit kapal navigasi kelas III dan 15 unit kapal navigasi kelas I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper