Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Hadirkan Wadah Bagi Pengusaha Berbasis Desain

Kementerian Perdagangan meresmikan Indonesia Design Development Center yang menjadi wadah bagi pengembangan dan pengapalan produk hasil produksi pengusaha berbasis desain.
Ilustrasi/ihomedecor.cf
Ilustrasi/ihomedecor.cf

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan meresmikan Indonesia Design Development Center yang menjadi wadah bagi pengembangan dan pengapalan produk hasil produksi pengusaha berbasis desain.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan hadirnya Indonesia Design Development Center (IDDC) merupakan strategi Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penciptaan produk-produk unggulan berbasis desain. Dalam jangka panjang, Enggar berharap wadah ini dapat mengerek nilai ekspor.

“IDDC menjadi wadah yang akan mampu melahirkan produk berbasis desain yang bernilai tambah dan mampu bersaing secara global,” ujar Enggar usai meresmikan IDDC di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Dalam IDDC, Enggar menyebutkan ada beberapa fasilitas yang dihadirkan. Misalnya, terdapat pustaka desain sebagai referensi perkembangan desain dunia.

IDDC juga menyediakan co-work space dan ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seminar serta workshop demi pengembangan produk.

“Eksistensi IDDC diharapkan dapat mendorong munculnya perancang lokal dan diharapkan juga pelaku industri besar dapat bersinergi dengan perancang lokal tersebut dalam menciptakan produk baru,” tutur Enggar.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda mengatakan nantinya akan ada penambahan fasilitas berupa perpustakaan material di IDDC. “IDDC ini merupakan inisiasi Pak Rahmat Gobel, Penambahan fasilitas itu akan dilakukan. mulai tahun depan dengan dibantu Pak Rahmat Gobel,” ujar Arlinda dalam kesempatan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper