Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Pertanian Minta Jambi Cetak Lahan Jagung 50 Hektare

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan daerahnya ditugaskan oleh Menteri Pertanian untuk mencetak lahan jagung seluas 50 hektare sebagai upaya Jambi menuju mandiri pangan.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 12 September 2016  |  17:31 WIB
Menteri Pertanian Minta Jambi Cetak Lahan Jagung 50 Hektare
Jagung - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAMBI -  Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan  daerahnya ditugaskan oleh Menteri Pertanian untuk mencetak lahan jagung seluas 50 hektare sebagai upaya Jambi menuju mandiri pangan.

"Itu kita diperintahkan langsung pak Menteri agar menyiapkan lahan seluas 50 ribu hektare untuk tanaman jagung," kata Gubernur Zola di Jambi, Senin (12/9/2016).

Dengan tugas langsung dari Menteri tersebut, pihaknya akan menjadikan pertanian jagung menjadi fokus utama di Provinsi Jambi selain padi. "Tapi saya sudah sampaikan ke pak Menteri, kalau hanya di lahan masyarakat terbatas dan kami sedang mencari solusinya," katanya.

Menurut Zola, solusinya adalah dengan menggandeng perusahaan perkebunan yang ada di Provinsi Jambi. Di mana perusahaan yang belum menanam komoditinya diminta menanam jagung terlebih dulu.

"Perusahaan perkebunan itu di wilayah ini banyak sekali, itu bisa kami gandeng. Jadi kalau ada yang sawitnya belum ditanam, kami minta tanam jagung karena jagung kan cuma tiga bulan.

Selain jagung, kami juga tetap akan fokuskan ke tanaman kedelai hitam untuk bahan baku pembuatan kecap dan tentunya tidak meninggalkan tanaman padi," katanya.

Sementara untuk padi, petani Jambi bisa melakukan sistem tanam dua kali dalam setahun, hanya saja saat ini terkendala dengan musim hujan yang sangat minim.

"Tapi kami cari solusinya, kami buat irigasinya, kami carikan pipa untuk pengairan. Kami harus bisa manfaatkan Sungai Batanghari yang sangat besar ini sebagai upaya menuju mandiri pangan," katanya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentan pertanian jagung

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top