Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Pertanian Minta Jambi Cetak Lahan Jagung 50 Hektare

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan daerahnya ditugaskan oleh Menteri Pertanian untuk mencetak lahan jagung seluas 50 hektare sebagai upaya Jambi menuju mandiri pangan.
Jagung/Antara
Jagung/Antara

Bisnis.com, JAMBI -  Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan  daerahnya ditugaskan oleh Menteri Pertanian untuk mencetak lahan jagung seluas 50 hektare sebagai upaya Jambi menuju mandiri pangan.

"Itu kita diperintahkan langsung pak Menteri agar menyiapkan lahan seluas 50 ribu hektare untuk tanaman jagung," kata Gubernur Zola di Jambi, Senin (12/9/2016).

Dengan tugas langsung dari Menteri tersebut, pihaknya akan menjadikan pertanian jagung menjadi fokus utama di Provinsi Jambi selain padi. "Tapi saya sudah sampaikan ke pak Menteri, kalau hanya di lahan masyarakat terbatas dan kami sedang mencari solusinya," katanya.

Menurut Zola, solusinya adalah dengan menggandeng perusahaan perkebunan yang ada di Provinsi Jambi. Di mana perusahaan yang belum menanam komoditinya diminta menanam jagung terlebih dulu.

"Perusahaan perkebunan itu di wilayah ini banyak sekali, itu bisa kami gandeng. Jadi kalau ada yang sawitnya belum ditanam, kami minta tanam jagung karena jagung kan cuma tiga bulan.

Selain jagung, kami juga tetap akan fokuskan ke tanaman kedelai hitam untuk bahan baku pembuatan kecap dan tentunya tidak meninggalkan tanaman padi," katanya.

Sementara untuk padi, petani Jambi bisa melakukan sistem tanam dua kali dalam setahun, hanya saja saat ini terkendala dengan musim hujan yang sangat minim.

"Tapi kami cari solusinya, kami buat irigasinya, kami carikan pipa untuk pengairan. Kami harus bisa manfaatkan Sungai Batanghari yang sangat besar ini sebagai upaya menuju mandiri pangan," katanya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper