Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Grafika: Pemakaian Kertas Diganti Flexible Packaging

Industri grafika menilai aktivitas percetakan memakai kertas sudah banyak tergantikan dengan flexible packaging mengingat permintaannya yang lebih tinggi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 08 September 2016  |  00:28 WIB
Industri Grafika: Pemakaian Kertas Diganti Flexible Packaging
Industri percetakan - Istimewa

Bisnis.com JAKARTA – Industri grafika menilai aktivitas percetakan memakai kertas sudah banyak tergantikan dengan flexible packaging mengingat permintaannya yang lebih tinggi. 

Ketua Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) Jimmy Juneanto mengatakan pertumbuhan industri kertas masih mengikuti pertumbuhan ekonomi atau sekitar 5%. Namun, angka itu masih di bawah pertumbuhan flexible packaging sehingga banyak pengusaha percetakan yang beralih ke sana.  

“Memang kertas sudah mulai tergantikan oleh gelas, metal, dan plastik. Pertumbuhan kemasan fleksibel lebih dari pertumbuhan ekonomi. Di kisaran 7%, karena sekarang kecenderungannya perusahaan multinasional mengganti produknya lebih cepat. Di kain juga tumbuh cukup pesat,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (7/9). 

Kendati bisa dibilang media kertas sudah tergantikan, lanjutnya, industri kertas juga masih tumbuh. Dia mencontohkan pertumbuhan tisu bahkan mencapai 10%.

Jimmy mengatakan pertumbuhan enam bulan pertama kurang bagus karena ada keterlambatan order dari permintaan pemerintah, tapi sekarang sudah mulai terangkat karena mulai September pekerjaan dari pemerintah mulai berdatangan, seperti buku pelajaran. 

“Dari swasta ada penurunan tapi tidak terlalu parah, kami masih berharap di akhir tahun masih di angka yang sama. Tapi ada sektor tertentu lebih tinggi, seperti digital printing.,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri grafika
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top