Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

170 Unit Rusun Pekerja Tamanan Bantul Siap Dihuni

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X meresmikan penghunian Rumah Susun (Rusun) Pekerja Tamanan Bantul, Yogyakarta, Senin (22/8/2016).
Rusun Pekerja Tamanan Bantul. /pu
Rusun Pekerja Tamanan Bantul. /pu

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X meresmikan penghunian Rumah Susun (Rusun) Pekerja Tamanan Bantul, Yogyakarta, Senin (22/8/2016).

Peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bantul sebagai pengelola rusun.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Khalawi Abdul Hamid mengatakan bahwa Kementerian PUPR ditugasi untuk menyediakan rumah yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui Program Sejuta Rumah.

Untuk tahun ini, target Program Sejuta Rumah terdiri dari 700.000 unit untuk MBR dan 300.000 unit lainnya untuk non-MBR.

“Untuk mewujudkan Program Sejuta Rumah dibutuhkan peran stakeholder lainnya, seperti dari pemerintah daerah, asosiasi, dan para pengembang, karena dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya mampu memenuhi 10%-nya,” katanya melalui siaran pers, Selasa (23/8/2016).

Kementerian PUPR akan terus mendorong terlaksananya Program Sejuta Rumah karena berdasarkan data BPS pada 2015, backlog kepemilikan rumah secara nasional mencapai 11,4 juta unit.

Khalawi pun berharap penghunian rusun pekerja tersebut dapat segera terlaksana, karena bangunannya sudah selesai sejak 2015.

Bupati Bantul, Suharsono dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Bantul siap mengelola rusun tersebut.

Rusun Pekerja Tamanan Bantul yang terletak di Jalan Ringroad Selatan, Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY terdiri dari dua menara dan masing-masing menara tingginya lima lantai.

Menara 1 dibangun sebanyak 104 unit dengan tipe 24 dan diperuntukan bagi lajang, dan menara 2 dibangun sebanyak 66 unit dengan tipe 36 dan diperuntukan bagi yang sudah berkeluarga. Tiap unitnya pun sudah dilengkapi dengan mebel seperti meja, kursi dan lemari pakaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper