Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Temanggung Minta Pabrik Rokok Beli Semua Tembakau Petani

Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, siap mengawal panen tembakau 2016 agar nantinya pabrik rokok membeli semua tembakau petani Temanggung.
Tanaman tembakau. /Bisnis.com
Tanaman tembakau. /Bisnis.com

Bisnis.com, TEMANGGUNG - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, siap mengawal panen tembakau 2016 agar nantinya pabrik rokok membeli semua tembakau petani Temanggung.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno mengatakan belum mengunjungi sejumlah perwakilan pabrik rokok di Temanggung yang biasa membeli tembakau hasil panen petani di lereng Gunung Sindoro, Sumbing, dan Prau.

"Saya memang belum berkunjung ke perwakilan pabrikan," katanya di Temanggung, Minggu (7/8/2016).

Ia menuturkan pihaknya akan mencari waktu yang tepat untuk berkunjung dan menemui langsung pimpinan dari sejumlah perwakilan pabrik rokok di Temanggung, dalam pertemuan tersebut nantinya akan dibahas tentang harga dan pembelian tembakau.

Menyinggung kuota pembelian tembakau oleh pabrikan pada panen tahun ini, dia mengatakan sejak awal tahun lalu dua pabrik rokok yakni PT Djarum Kudus dan PT Gudang Garam Kediri sudah menentukan kuota pembelian.

"Kuotanya sudah ditentukan, pada panen raya tahun ini kedua pabrik tersebut pasti membeli tembakau Temanggung, setiap tahun ke dua pabrikan ini selalu membeli tembakau," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perkebunan, Distanbunhut Kabupaten Temanggung, Untung Prabowo mengatakan PT Gudang Garam akan melakukan pembelian 8.500 ton tembakau rajangan kering dan PT Djarum akan membeli sebanyak 4.500 ton.

Ia menuturkan dengan jumlah rencana pembelian tersebut, produksi tembakau Temanggung bisa terserap pabrikan, dengan estimasi per hektare bisa menghasilkan delapan kuintal tembakau rajangan kering.

"Total luasan tanaman tembakau sekitar 16.222 hektare dan produksi tembakau rajangan kering hanya sekitar 12.976 ton. Padahal total pembelian kedua pabrikan sekitar 13.000 ton," katanya.

Ia mengatakan soal harga tembakau, pabrikan sudah memiliki standar harga tersendiri, pihaknya hanya bisa mendorong pabrikan membeli tembakau dengan harga di atas biaya produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper