Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai IA-CEPA Rampung, Nilai Perdagangan Diyakini Naik 2 Kali Lipat

Nilai perdagangan antara Indonesia dan Australia diyakini naik hingga dua kali lipat jika negosiasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement rampung.

Bisnis.com, JAKARTA—Nilai perdagangan antara Indonesia dan Australia diyakini naik hingga dua kali lipat jika negosiasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement rampung.

Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pelaku usaha di dua negara ini tergabung dalam Indonesia-Australia Business Partnership Group (IA-BPG).

Kelompok tersebut, telah merampungkan proposal rekomendasi  untuk negosiasi kerjasama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Negosiasi IA-CEPA, sebut Shinta, bakal membuka peluang perdagangan yang lebih komprehensif dan saling menguntungkan antar dua negara itu.

“Pemerintah jelas punya target, tapi kami maunya naik dua kali lipat [nilai perdagangan Indonesia-Australia] harus tercapai,” ujar Shinta IA BPG dengan Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Menurut Shinta, selama ini masih banyak peluang dan potensi untuk perdagangan Indonesia dan Australia. Beberapa sektor di dua negara ini yang dinilai memiliki potensi yang menguntungkan serta mempererat hubungan yakni pariwisata, pertanian, pendidikan, kesehatan, e-commerce, serta infrastruktur dan energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper