Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkat Eco-Courier, JNE Efisienkan Biaya Pengiriman 15%

PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir membuka layanan pengiriman ramah lingkungan menggunakan sepeda karena berpotensi mengefisiensikan biaya operasional pengiriman hingga 15%.
Kantor JNE/Istimewa
Kantor JNE/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir membuka layanan pengiriman ramah lingkungan menggunakan sepeda karena berpotensi mengefisiensikan biaya operasional pengiriman hingga 15%.

Vice President Marketing PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Eri Palgunadi menyatakan perusahaannya bekerjasama dengan westbike messanger service (WMS) meluncurkan layanan JNE Eco-Courier yang akan mengirimkan layanan kurir dengan sepeda di kawasan Segitiga Emas yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Rasuna Said-Kuningan.

“Sebenarnya kami kerjasama kemitraan dengan Westbike dan kami menyatakan bahwa layanan ini muncul bukan karena transportasi online menggerus jasa kurir yang sudah ada,” kata Eri di Kantor JNE, Jumat (29/7/2016).

Eri menyatakan ada 15 kurir yang akan beroperasi di sekitar kawasan Segitiga Emas tersebut. Eri menyebut lokasi Segitiga Emas menjadi kawasan prioritas pengiriman karena menjadi pusat perkantoran serta pusat kegiatan bisnis di Jakarta sehingga load shipment-nya cukup tinggi.

Pasalnya, sekitar 30% - 40% pengiriman terjadi di kawasan intra wilayah tersebut. Selain itu, layanan ini juga menurunkan biaya pengiriman karena tidak perlu menggunakan bahan bakar untuk kendaraan.

“Yang jelas dengan layanan ini bisa mengefisiensikan 10%--15% cost delivery kita,”  terangnya.

Eri mengaku ide ini muncul sebelum rekayasa ganjil-genap yang sedang berlaku di Jakarta. Dia mengatakan JNE Eco-Courier adalah bentuk kepeduliaan perusahaan untuk mengurangi polusi udara dengan menggunakan moda sepeda sebagai delivery transportation karena rendah emisi atau zero emission transportation.

Eri tak menampik bahwa ke depannya JNE akan bermitra dengan WMS atau komunitas lainnya untuk mengembangan layanan JNE Eco-Courier di daerah lain. Sebelum membuka layanan sejenis, JNE masih mengkaji kondisi geografis daerah dan juga persentase pengiriman barang di daerah-daerah tersebut.

Dia memastikan bahwa setiap pesepeda komunitas WMS yang bergabung menjadi kurir JNE Eco-Courier akan mendapatkan reward yang sama dengan kurir JNE pada umumnya, yakni insentif dari setiap pengiriman. Kurir dari JNE Eco-Courier juga mendapatkan layanan asuransi kesehatan seperti semua insentif yang diberikan pada kurir JNE biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper