Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lahan Terbatas, PUPR Dorong Perumnas Kerjasama Dengan Pemda

Untuk mengatasi terhambatnya program sejuta rumah akibat keterbatasan lahan, pemerintah mendorong Perumnas untuk meningkatkan kerjasama memanfaatkan aset lahan pemerintah daerah.
Ilustrasi/Perumnas
Ilustrasi/Perumnas

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengatasi terhambatnya program sejuta rumah akibat keterbatasan lahan, pemerintah mendorong Perumnas untuk meningkatkan kerjasama memanfaatkan aset lahan pemerintah daerah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengatakan, isu keterbatasan lahan untuk pembangunan rumah murah dapat diatasi dengan optimalisasi pemanfaatan aset lahan pemda.

Potensi lahan yang masih cukup luas di daerah-daerah ini diharapkan dapat dimanfaatkan Perumnas, mengingat mereka memiliki kantor regional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, tentu diharapkan pula kesediaan pemda mengalokasikan lahan dan mempermudah perizinan.

Syarif mengatakan, pembangunan apartemen Sentraland Jakabaring di Palembang merupakan contoh sukses pembangunan yang dilaksanakan Perumnas. Pemda memberikan kemudahan perizinan serta lahan dan Perumnas bisa membangun hunian vertikal dengan baik.

“Kementerian PUPR siap menjembatani jika memang ada Pemda yang memerlukan bantuan dari Perumnas dalam hal penyediaan perumahan bagi masyarakat,” kata Syarif di sela-sela acara HUT Perumnas ke-42 melalui siaran pers, Senin (18/7/2016).

Untuk mendukung upaya pemda dan Perumnas lebih giat membangun rumah, Kementerian PUPR memberikan bantuan berupa prasarana, sarana dan utilitas (PSU). Hal ini juga ditujukan untuk pengembang lainnya agar mau membangun rumah murah.

Direktur Utama Perumnas, Himawan Arief Sugoto mengatakan, tantangan pembangunan rumah Indonesia di masa mendatang tentu akan semakin berat. Meski begitu, memasuki usia 42 tahun ini, Perumnas akan berusaha sebaik mungkin meningkatkan kualitas hasil pembangunan rumah.

“Kami mengajak pemerintah serta jajaran direksi dan karyawan Perumnas untuk lebih keras dalam bekerja sehingga masyarakat bisa memiliki rumah yang layak huni,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper