Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Alibaba Grup, 'Inamall' Resmi Meluncur

Indonesia resmi meluncurkan Inamall sebuah platform yang menampilkan produk-produk dalam negeri di Tmall Global, anak perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba Grup.
Menteri Perdagangan Thomas Lembong/Antara
Menteri Perdagangan Thomas Lembong/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia resmi meluncurkan ‘Inamall’ sebuah platform yang menampilkan produk-produk dalam negeri di Tmall Global, anak perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba Grup.

Peresmian portal jual beli produk Indonesia itu dilakukan oleh Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong dan Wakil Presiden Grup Alibaba Brian Wong di Hangzhou.

Mendag Thomas Lembong mengatakan pihaknya terus mendalami kerja sama bidang e-commerce dengan China khususnya pemain-pemain raksasa e-commerce seperti Alibaba, untuk memasarkan produk unggulan Indonesia di pasar Tiongkok dan global.

"Jual beli secara online, e-commerce, merupakan cara yang cepat dan efektif. Kita tidak perlu melalui upaya yang panjang, investasi tidak terlalu banyak, tetapi mampu menjangkau ratusan juta konsumen di China, bahkan Alibaba memiliki pelanggan ratusan juta orang di puluhan negara. Ini sangat efektif untuk memasarkan produk kita," ujarnya, Jumat (8/7/2016) malam.

Dengan platform tersebut, dapat memberikan akses pengusaha Indonesia untuk dapat menjual produknya langsung kepada konsumen di Negeri Tirai Bambu, tanpa melalui importir atau distributor.

Produk makanan dan minuman Indonesia dipasarkan secara global melalui platform Inamall baik secara Business to Business (B2B) ataupun Business to Consumer (B2C).

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo mengatakan, keberadaan Inamall merupakan langkah maju untuk lebih mengenalkan dan memasarkan produk unggulan Indonesia di Tiongkok khususnya.

"Tantangannya adalah bagaimana kita dapat menjaga kualitas produk, kesinambungan produksi, kapasitas, keunikan atau kekhasan sebagai produk Indonesia, sehingga makin banyak orang tertarik, mengenal dan membeli produk Indonesia secara konsisten," ujarnya.

Wakil Presiden Grup Alibaba Brian Wong mengatakan Indonesia merupakan pasar potensial bagi e-commerce. "Karenanya, kami akan terus berupaya meningkatkan kerja sama dan layanan di masa datang, mengingat potensinya sangat besar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper