Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL MEDAN-KUALANAMU: Konstruksi Ruas Parbarakan-Lubuk Pakam 69,8%

PT Jasa Marga (Persero) Tbk., menargetkan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dapat beroperasi pada 2017. Hingga sejauh ini, pembangunan jalan tol sepanjang 61 km itu telah sesuai dengan rencana.
Konstruksi proyek jalan tol/Ilustrasi
Konstruksi proyek jalan tol/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menargetkan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dapat beroperasi pada 2017. Hingga sejauh ini, pembangunan jalan tol sepanjang 61 km itu diklaim telah sesuai dengan rencana.

Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi terbagi atas tujuh seksi. Seksi I dan II ruas Medan-Perbarakan-Kualanamu sepanjang 17,8 km dibangun oleh Pemerintah sementara sisanya, Ruas Parbarakan-Tebing Tinggi sepanjang 44 km dibangun oleh PT Jasa Marga Kualanamu Tol.

Melalui keterangan resminya, Rabu (15/6/2016), perseroan menyatakan konstruksi Seksi I dan II Ruas Medan-Perbarakan-Kualanamu saat ini sudah mencapai 43,2%.

Sementara itu, konstruksi Ruas Parbarakan-Tebing Tinggi Ruas Parbarakan-Lubuk Pakam (4,8 km) telah mencapai 69,8%, Ruas Lubuk Pakam-Perbaungan (12,3 km) mencapai 19,78%, Perbaungan-Teluk Mengkudu (9,5 km) mencapai 17,5%, Teluk Mengkudu-Sei Rampah (7,8 km) mencapai 18,5%, dan Sei Rampah-Tebing Tinggi (9,2 km) masih dalam tahap review desain oleh BPJT.

“Progres konstruksi yang saat ini sesuai dengan rencana, Jasa Marga optimis jalan tol ini, yang terkoneksi dengan Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), ditargetkan dapat beroperasi penuh di tahun 2017,” tulis perseroan.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi ini juga akan menghubungkan kota Medan dengan Bandara Kualanamu. Selain itu, Jalan Tol ini juga akan menghubungkan kota Medan dengan kawasan industri Kuala Tanjung dan kawasan pariwisata Danau Toba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper