Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden akan Resmikan Pesta Kesenian Bali Ke-38 di Denpasar Sabtu Ini

Presiden Joko Widodo dipastikan membuka secara resmi pawai Pesta Kesenian Bali atau PKB ke 38, pada Sabtu (11/6/2016) di Denpasar.
Ilustrasi-Belajar tari Bali/Antara
Ilustrasi-Belajar tari Bali/Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Presiden Joko Widodo dipastikan membuka secara resmi pawai Pesta Kesenian Bali atau PKB ke 38, pada Sabtu (11/6/2016) di Denpasar.

Karo Humas Setda Bali Dewa Made Mahendra menegaskan ‎pihaknya sudah berkoordinasi protokol istana dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terkait rencana kedatangan Jokowi.

"Hasil dari rakor tadi, beliau akan membuka pawai [sore hari berlokasi depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Badjra Sandi], kalau pembukaan [pada malam hari di Taman Budaya], ada dua menteri yakni menteri pendidikan dan kebudayaan serta menteri pariwisata," jelasnya, Kamis (9/6/2016).

Dewa menyampaikan bahwa presiden dijadwalkan membuka acara pada pukul 14.00 Wita. Rencananya Jokowi tiba di Bali dari Lombok pada pukul 11.00, tetapi akan terlebih dulu menuju Pesanggaran untuk meresmikan PLTGU Pesanggaran, di Denpasar.

Menurutnya, kedatangan Presiden Jokowi tahun ini akan menambah semarak PKB 2016, karena juga melibatkan kontingen dari luar negeri.‎

Jika Jokowi pasti datang, dan membuka PKB 2016, akan menjadi pengalaman pertama membuka ajang seni tahunan tersebut. Pasalnya, tahun lalu Jokowi absen dan diwakilkan oleh Menpar Arief Yahya.

Tahun ini peserta pawai PKB dibatasi hanya 15 kontingen dari sebelumnya 23 kontingen.‎ Adapun kontingen yang terlibat dari 9 kabupaten dan kota, ISI Denpasar, Universitas Udayana, serta kontingen asing dari Prancis, India, dan Timor Leste.

Pembatasan dilakukan agar pawai dapat berlangsung maksimal 2,5 jam, karena setiap kontingen dibatasi hanya 5 menit tampil di depan panggung kehormatan.

Adapun pawai berlangsung dari depan Kantor Gubernur menuju timur Lapangan Renon dan ke selatan kemudian ke barat menuju panggung kehormatan atau searah jarum jam. Rencananya pelepasan pawai ditandai dengan gamelan ketug gumi yang direspon oleh gemuruh seluruh gamelan.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper