Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Harboldan, RPX Sediakan 2 Layanan

RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (One Stop Logistics), siap berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan) 2016 dengan menawarkan dua layanan pendukung, I-Drop dan RPX Mobile Apps.
Ilustrasi/rpx.co.id
Ilustrasi/rpx.co.id

Bisnis.com, JAKARTA—RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (One Stop Logistics), siap berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan) 2016 dengan menawarkan dua layanan pendukung, “I-Drop” dan “RPX Mobile Apps”.

Rubianto Mukti Wibowo, Vice President Logistics & Sales Retail RPX Group, menyatakan Harboldan menjadi bentuk keseriusan pelaku e-commerce dan perusahaan jasa pengiriman untuk menyediakan layanan kepada pelanggan dalam memenuhi kebutuhan berbelanja online karena even ini menawarkan variasi produk dan diskon menarik.

Pertumbuhan bisnis e-commerce tentunya berpengaruh positif bagi industri ekspres dan logistik terhadap peningkatan permintaan pengantaran paket.

“Menjawab hal tersebut, RPX berkomitmen menyediakan solusi layanan pengiriman business to business to customer (B2B2C) segmen marketplace korporasi dan business to customer to customer (B2C2C) untuk penjual individu/UMKM yang memanfaatkan sosial media sebagai toko,” ujarnya ujarnya dalam siaran pers, Jumat (3/6).

Dengan demikian, RPX menawarkan “I-Drop” dan “RPX Mobile Apps” dalam Harboldan kali ini, sebagai layanan berbasis digital yang melengkapi produk pengantaran RPX selama ini, sepert “I-Paket” yaitu pengiriman paket melalui Indomaret yang diluncurkan pada 2014.

Menurutnya, ‘I-Drop” memiliki batasan maksimal berat 5 kg serta “I-Paket” 1 kg dan 2 kg, sehingga pelanggan dan pelaku e-commerce lebih memudahkan dalam mengirim paket melalui jaringan outlet Indomaret.

“Layanan ini menjadi solusi bagi retail atau individu sekaligus memberikan nilai tambah bertransaksi pengiriman yang cepat, aman dan mudah.”

Dalam mendekatkan pelanggan dan menjangkau area potensial lebih luas lagi, RPX bekerja sama sekitar 10.000 Indomaret Jawa – Bali sebagai lokasi keberangkatan pengiriman paket (origin shipment) dengan tujuan ke seluruh Indonesia. “Kedepannya, layanan ini terus ditingkatkan,” tambahnya.

Sementara itu, “I-Drop” memberikan kemudahan mengirim paket bagi pengirim/penjual e-commerce hanya tiga langkah mudah a.l. setelah terjadi transaksi e-commerce, penjual akan mendapatkan notifikasi “I-Drop” secara otomatis dari RPX Mobile Apps, penjual membawa paket pesanan ke Indomaret terdekat, dan paket akan diantarkan RPX kepada pembeli.

Lebih lanjut, aplikasi RPX Mobile Apps dengan versi terbaru yang diluncurkan tahun ini juga menjadi solusi pelanggan untuk merencanakan pengiriman paket hanya dalam satu genggaman. Sejalan dengan fungsinya, RPX Mobile Apps mendukung “I-Drop”.

Rubianto mengatakan pelanggan melalui RPX Mobile Apps juga dapat melakukan pembayaran elektronik sehingga RPX memutuskan bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI 46) untuk menyediakan “myCash”.

Fasilitas ini memudahkan pelanggan melakukan pengisian (top up) saldo yang nantinya dapat digunakan bertransaksi di RPX Mobile Apps.

Adapun layanan yang dapat dibayar dengan myCash ini a.l. pembayaran biaya transportasi/pengiriman (transportation fee payment),  layanan pengambilan paket (pick up)atau mengantarkan paket ke lokasi pengiriman (drop off), pembayaran tunai atas nilai paket yang diterima (cash on delivery payment), pembayaran tagihan pengiriman paket dan pembayaran pajak bea masuk (duty tax).

Dengan demikian, fitur ini menjadi akses pembayaran yang mudah, aman dan tepat bagi pelanggan serta pelaku e-commerce.

 

Corporate Secretary BNI 46, Kiryanto menyatakan kerjasama BNI sebagai BUMN dengan swasta ini semakin memberikan nilai tambah bagi nasabah BNI dan pelanggan RPX serta Indomaret.

 

Saat ini, pelanggan dimudahkan transaksi elektronik dalam hal pengiriman paket saat belanja online. BNI sangat mendukung industri ekspres dan logistik seiring penerapan pembayaran elektronik sesuai aplikasi digital dewasa ini. Terpenting lagi, kemitraan bersama RPX ini sebagai salah satu cara edukasi transaksi pembayaran dari perangkat mobile.

 

“Tersedianya fitur myCash, sebagai salah satu strategi berkesinambungan oleh RPX dan BNI untuk menyediakan akses pembayaran yang mudah, aman dan tepat bagi pelaku UMKM ke jalur perdagangan online atau e-commerce,” ungkapnya.

 

Sementara itu, bagi marketplace korporasi, RPX menyediakan Customer Automatic System (CASY). Layanan ini dapat diakses menggunakan website dan perangkat mobile (tablet & smartphone) melalui corporate.rpx.co.id.

 

Keunggulannya a.l. memudahkan pelanggan untuk mengirimkan paket dengan mengisi dokumen elektronik (customer automatic system), mengetahui tagihan (e-invoice), cek harga dan layanan (publish rate) serta mengetahui rincian transkasi pengiriman yang sudah dilakukan (shipping history). Melalui ini, pelanggan dapat melakukan pick-up request, secara sistem juga akan terhubung dengan “Kurir Android”.

 

Tersedianya jasa ekspres yang dapat diandalkan, pilihan pembayaran elektronik dan akses kebutuhan pengiriman secara mobile ini, kami berharap dapat diterima dengan baik oleh pelanggan dan pelaku bisnis e-commerce.

 

“Layanan ini semakin membantu mempercepat arus jual beli online serta mendorong peningkatan bisnis di era digital. RPX optimis, pertumbuhan e-commerce  menjelang Lebaran meningkat 300 %,” ujar Rubianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper