Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disperindag Bali Fokus Stabilkan Harga Gula Pasir

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali berjanji akan fokus menstabilkan harga gula pasir di pasaran guna mengantisipasi terjadinya inflasi lebih tinggi.
Pasar Murah. /Bisnis.com
Pasar Murah. /Bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali berjanji akan fokus menstabilkan harga gula pasir di pasaran guna mengantisipasi terjadinya inflasi lebih tinggi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bali Ni Wayan Kusumawathi menuturkan kestabilan harga gula pasir menjadi fokus utama, karena ‎komoditas ini sangat dibutuhkan masyarakat.

"Apalagi sebentar lagi mau Lebaran dan Idul Fitri sehingga harus segera stabil dalam waktu dekat," tuturnya, Senin (23/5/2016).

Dia mengatakan Disperindag Bali menggandeng PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dalam melakukan operasi pasar khusus komoditas gula pasir dengan harga lebih murah dibandingkan pasar. ‎

Adapun lokasi pasar murah tersebut sudah ditentukan seperti di Pasar Badung, dan rencananya di luar Denpasar.

Kusumawathi mengharapkan kerjasama dengan PPI Cabang Denpasar dapat menekan harga gula pasir yang saat ini di tingkatan Rp15.000 per kg. Dia mengharapkan pada awal Juni harga gula pasir di pasaran sudah kembali normal seperti sedia kala.

Sebelumnya, PPI Denpasar sejak awal Mei sudah melepaskan sebanyak 20 ton gula pasir melalui operasi pasar dengan harga jual Rp12.500 per kg. Kepala Cabang PPI Denpasar Antonius Eko Utomo menyampaikan pihaknya menyiapkan 115 ton gula pasir untuk operasi pasar di seluruh wilayah di Bali.

Hasil pemantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bali, meskipun mulai naik, tetapi pasokan gula pasir di Pulau Dewata tetap berjalan baik, hanya dalam jumlah relatif terbatas. TPID mendapati bahwa tersedia sekitar 278 ton di 4 distributor utama gula pasir dan dinilai masih mencukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper