Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RTRW Kilang Pertamina di Bontang Ditargetkan Tuntas Desember

Pemerintah Kota Bontang menargetkan revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) area pembangunan kilang minyak PT Pertamina dapat rampung pada Desember mendatang, agar selaras dengan rencana pemerintah dalam percepatan pembangunan kilang.
Deretan kilang di Bontang, Kalimantan Timur/Ilustrasi
Deretan kilang di Bontang, Kalimantan Timur/Ilustrasi

Bisnis.com, BONTANG - Pemerintah Kota Bontang menargetkan revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) area pembangunan kilang minyak PT Pertamina dapat rampung pada Desember mendatang, agar selaras dengan rencana pemerintah dalam percepatan pembangunan kilang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bontang Zulkifli mengatakan lokasi pembangunan kilang seluas 468 hektare yang berada di dalam kawasan industri milik PT Badak NGL sebetulnya telah masuk dalam RTRW.

Hanya saja, terdapat ruang terbuka hijau berupa hutan mangrove seluas 40 hektare yang masuk dalam lahan pembangunan kilang tersebut. Sehingga, RTRW harus direvisi mengikuti perubahan hutan mangrove yang dialihfungsikan menjadi lahan pembangunan kilang.

"Hutan mangrovenya mau tidak mau harus dihilangkan. Karena itu ruang terbuka hijau, jadi harus dibuat penggantinya. Kami akan buat ruang terbuka hijau di tempat lain. Saat ini kami masih kaji di mana lokasi yang tepat untuk penggantinya," jelas Zulkifli kepada Bisnis, Jumat (20/5/2016).

Selain perbaikan RTRW, pembangunan kilang juga masih membutuhkan kelengkapan sertifikasi lahan untuk seluruh area pembangunan dari Badan Pertanahan Nasional. Menurut Zulkifli, baru sekitar 160 hektare lahan pembangunan kilang yang telah bersertifikasi.

"Tapi sertifikat lahan itu ditangani oleh PT Badak. Kami mengurus dari sisi aturan tingkat daerah. Pemerintah provinsi juga sudah mengeluarkan penetapan lokasi, jadi semua proses yang berkaitan dengan lahan masih terus berjalan sampai sekarang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper