Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa di Bali Pamerkan 90 Produk di Pasar Rakyat 7-8 Mei

Sejumlah desa di seluruh Bali, akan memamerkan 90 produk yang mereka hasilkan dalam pasar rakyat yang akan berlangsung pada 7-8 Mei 2016, di Badjra Sandhi, Denpasar
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR - Sejumlah desa di seluruh Bali, akan memamerkan 90 produk yang mereka hasilkan dalam pasar rakyat‎ yang akan berlangsung pada 7-8 Mei 2016, di Badjra Sandhi, Denpasar

Pasar rakyat bertema Pameran Desa Berdikari ini akan menampilkan produk unggulan yang didatangkan dari seluruh kabupaten/kota di Bali. ‎

Masing-masing kabupaten akan menghadirkan 10 produk unggulan, sepertiKabupaten Gianyar akan menghadirkan jeruk dari kelompok tani Desa Singakerta, Payangan juga pepaya, bunga potong tropika, sayur-sayuran, holtikultura, kerajinan bambu tabah. Selain itu, kerajinan kayu dan kelompok seni lukis Desa Peliatan Ubud dan rotan Desa Blega Blahbatuh.

Menurut Ketua Panitia Pameran yang juga Dewan Penasehat Hipmi Bali, Dewa Made Mahayadnya, produk unggulan dari desa ini juga berdampingan dengan produk seluruh usaha kecil menengah (UKM) binaan dari BUMN.

Pasar rakyat ini untuk menambah daya saing produk masyarakat yang nantinya akan berdampak pada kemajuan perekonomian warga di pedesaan. Di pasar rakyat petani akan dipertemukan dengan pengusaha dan pembeli dengan yang memproduksi langsung. Pihaknya memastikan tidak calo terlibat dalam proses tersebut.

"Sebab selama ini petani maupun perajin di pedesaan terkendala dalam pemasaran produknya. Sehingga dengan adanya pasar rakyat ini produk unggulan dari pedesaan akan langsung di pasarkan kepada pembeli," ujarnya di Kantor DPD PDIP Bali, Selasa (3/5/2016)

Lebih lanjut Mahayadnya mengatakan dengan adanya pertemuan secara langsung antara produsen dengan pengusaha selaku pembeli, maka akan menaikkan harga jual produk tersebut. Tidak lagi produksi kemudian ada calo baru ke pengusaha sehingga bisa mempermurah harga jual.

Dia menyebutkan pasar rakyat ini dalam sehari diharapkan mampu mendatangkan sebanyak 10 ribu orang pengunjung yang akan melakukan proses transaksi jual beli. Jika dari evaluasi kegiatan ini kata dia mampu memberikan peluang peningkatan ekonomi warga pedesaan tentunya akan dilaksanakan setiap setahun sekali.

"Ini baru pertama yang kami lakukan mudah-mudahan bisa diterima masyarakat. Ini coba untuk kita adopsi," harapnya.

Pasar rakyat ini disebutkannya sangat membantu perekonomian rakyat kecil. Pihaknya menargetkan terjadinya traksaksi jual beli pada kegiatan tersebut senilai Rp1 miliar.

Buktinya, pihaknya melihat sekarang bagaimana proses di desa-desa, contoh 1 desa menghasilkan 1 produk tapi untuk memarketkan atau memasarkan itu susah sehingga mereka harus datang pada tengkulak atau pengepul.

Selain itu ditambahkan Mahayadnya, pasar rakyat ini akan menampilkan Food Truck dan menyediakan sebanyak 24 stan kuliner. "Ada 40 orang pedagang makanan atau kuliner juga dihadirkan di pasar murah ini," imbuhnya.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper