Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kementerian PUPR Rehabilitasi 2 Pasar Rakyat di Jawa Tengah

Kementerian PUPR menyelesaikan rehabilitasi dan renovasi pasar rakyat di Jawa Tengah.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 12 April 2022  |  07:20 WIB
Kementerian PUPR Rehabilitasi 2 Pasar Rakyat di Jawa Tengah
Ilustrasi. Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5 - 2020). /ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan rehabilitasi dan renovasi pasar rakyat di Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan atau rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).

“Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Basuki dalam keterangan resminya, Senin (10/4/2022).

Pada Tahun Anggaran 2020-2021 Kementerian PUPR telah menyelesaikan rehabilitasi dua pasar rakyat di Jawa Tengah yakni Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas dan Pasar Wiradesa di Kabupaten Pekalongan. Rehabilitasi pasar ini dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Rehabilitasi Pasar Banyumas meliputi pembangunan gedung 2 lantai seluas 4.213 m2 yang terdiri dari 81 unit kios dan 191 unit los. Rehabilitasi Pasar Banyumas telah menerapkan Building Information Modelling (BIM) dari segi pendokumentasian model dan pengendalian proyek sesuai Permen PUPR No. 22/2018 tentang Pembangunan Gedung Negara yang mewajibkan digunakannya BIM untuk bangunan gedung negara seluas diatas 2000 m2 dan lebih dari 2 lantai.

Sementara itu, Pasar Banyumas dilaksanakan oleh PT Anugrah Mitra Kinasih sebagai kontraktor dengan anggaran Rp17,6 miliar dan konsultan PT Ciria Expertindo Consultant KSO PT Dieng Agung.

Selanjutnya, renovasi Pasar Wiradesa di Kabupaten Pekalongan meliputi pembangunan bangunan seluas 19.037 m2 yang terdiri dari 501 unit kios dan 1.211 unit los. Pasar ini diharapkan dapat menampung lebih dari 2.000 pedagang.

Pembangunan Pasar Wiradesa dilaksanakan oleh PT PP Urban dengan anggaran Rp79,9 miliar. Masa pelaksanaan pembangunan selama 300 hari dimulai pada 24 November 2021 sampai 19 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar rakyat Kementerian PUPR
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top