Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dunia Usaha Melihat PDB Kuartal I/2016 Membaik

Bank Indonesia melaporkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mencerminkan arah positif pada kuartal I/2016 dilihat dari peningkatan beberapa sektor kegiatan usaha.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia melaporkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mencerminkan arah positif pada kuartal I/2016 dilihat dari peningkatan beberapa sektor kegiatan usaha.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Hendy Sulistyowati mengatakan peningkatan kegiatan usaha terjadi pada sektor jasa-jasa, serta sektor pengangkutan dan komunikasi. Berdasarkan perhitungan saldo bersih tertimbang (SBT), sektor tersebut tumbuh masing-masing 2,69% dan 2,10%.

"Hasil SKDU mengindikasikan kegiatan usaha kuartal I/2016 tumbuh lebih tinggi dibanding periode sebelumnya," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (11/4/2016).

Kinerja dunia usaha juga menunjukkan perbaikan dari sektor keuangan yang membaik. Dunia usaha berpendapat akses terhadap kredit perbankan lebih mudah dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Dalam survei yang dilakukan pada 2.900 responden di 40 kota dari 33 provinsi itu juga menunjukkan adanya geliat peningkatan di sektor konstruksi.

Menurutnya, pertumbuhan itu didorong pula oleh kegiatan investasi pemerintah pada infrastruktur dibanding kuartal I/2015 dan kuartal IV/2015. Namun, sektor pertambangan masih menurun. "Pertambangan masih terus terkontraksi karena harga komoditas yang menurun," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper